Page 61 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 61
melanggengkan keberadaannya, keunggulan bersaing perusahaan tersebut
juga harus berkelanjutan, karena pada dasarnya perusahaan ingin
melanggengkan keberadaannya. Keunggulan bersaing berkelanjutan
merupakan strategi perusahaan untuk mencapai tujuan akhirnya, yaitu
kinerja yang menghasilkan keuntungan tinggi. Artinya, keunggulan bersaing
berkelanjutan bukanlah tujuan akhir, tetapi merupakan sarana untuk
mencapai tujuan akhir perusahaan, yaitu meningkatkan kinerja perusahaan.
Di era yang cepat mengalami perubahan seperti sekarang ini, persaingan
yang muncul pada home industry berada dalam lingkungan yang bersifat
dinamis dan penuh ketidak pastian meliputi produk, harga, tempat, teknologi,
bahan baku, distribusi, keahlian sumberdaya, konsumen dan lain sebagainya.
Pelaku home industry harus menciptakan strategi yang tepat agar perusahaan
mampu bersaing, mempertahankan kehidupan usaha dan
mengembangkannya. Keunggulan kompetitif dapat diwujudkan melalui
penciptaan keunikan yang dilakukan pada desain produk maupun kemasan,
kualitas proses produksi yang lebih baik, pemasaran yang lebih menarik,
pelayanan penjualan yang lebih memuaskan konsumen, dan lain sebagainya.
Adapun strategi perusahaan dalam mengembangkan keunggulan kompetitif
yaitu melalui inovasi.
Inovasi
Inovasi merupakan inti dari kewirausahaan. Inovasi adalah hal yang perlu
dimiliki dan dikembangkan dalam diri wirausaha untuk perkembangan dan
kesuksesan sebuah usaha. Wirausaha melalui proses inovasi menciptakan
nilai tambah atas barang dan jasa yang kemudian menciptakan berbagai
keunggulan termasuk keunggulan kompetitif. Schumpeter dalam Dhewanto,
dkk (2013), “inovasi memerlukan sebuah proses dan menghasilkan sesuatu
dalam waktu yang bersamaan....”. Hills (2008) mengemukakan inovasi
sebagai ide, praktek atau obyek yang dianggap baru oleh seorang individu
atau unit pengguna lainnya. Sementara itu menurut Suryana (2003) inovasi
sebagai kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka
memecahkan persoalan dan peluang untuk meningkatkan dan memperkaya
kehidupan. Inovasi organisasi dapat diinterprestasikan secara luas dan
bervariasi dengan berbagai cara. Inovasi merupakan pemberian solusi baru
yang dapat memberikan nilai pada pelanggan. Inovasi sebagai fenomena
psikologi dan sosial budaya, kedua aspek tersebut dapat merupakan kunci
keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi (Daghfous et al., 1999).