Page 62 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 62

Tujuan utama dari proses inovasi adalah memberikan dan menyalurkan
        nilai pelanggan yang lebih baik. Inovasi dapat dipandang dengan pendekatan
        strukturalis  dan  pendekatan  proses.  Pendekatan  strukturalis  memandang
        inovasi sebagai suatu unit dengan parameter yang tetap seperti teknologi dan
        praktek manajemen, adapun pendekatan proses memandang inovasi sebagai
        suatu  proses  yang  kompleks,  yang  sering  melibatkan  berbagai  kelompok
        sosial  dalam  organisasi  (Swan  et  al.,  1999).  Perusahaan  dapat  melakukan
        inovasi dalam bidang:
        1.  Inovasi produk (barang, jasa, ide dan tempat)
        2.  Inovasi manajemen (proses kerja, proses produksi, keuangan, pemasaran
            dan lain-lain).
        3.  Dalam  melakukan  inovasi  perusahaan  perlu  memperhatikan  prinsip-
            prinsip:
        4.  Menganalisi peluang
        5.  Apa yang harus dilakukan untuk memuaskan peluang
        6.  Sederhana dan terarah
        7.  Dimulai dari yang kecil
        8.  Kepemimpinan

            Menurut Larsen & Lewis (2007) salah satu karakter yang sangat penting
        dari wirausahawan adalah kemampuannya berinovasi. Tanpa adanya inovasi,
        perusahaan tidak akan dapat bertahan lama. Kemudian, Keeh,  et.al (2007)
        menjelaskan inovasi sangat penting karena alasan berikut:
        1.  Teknologi berubah sangat cepat seiring adanya produk baru, proses dan
            layanan  baru  dari  pesaing,  dan  ini  mendorong  usaha  entrepreneurial
            untuk bersaing dan sukses. Yang harus dilakukan adalah menyesuaikan
            diri dengan inovasi teknologi baru
        2.  Efek  perubahan  lingkungan  terhadap  siklus  hidup  produk  semakin
            pendek, yang artinya bahwa produk atau layanan lama harus digantikan
            dengan yang baru dalam waktu cepat, dan ini bisa terjadi karena ada
            pemikiran kreatif yang me-nimbulkan inovasi
        3.  Konsumen saat ini lebih pintar dan menuntut pemenuhan kebutuhan.
            Harapan  dalam  pemenuhan  kebutuhan  mengharap  lebih  dalam  hal
            kualitas, pembaruan, dan harga. Oleh karena itu skill inovatif dibutuhkan
            untuk  memuaskan  kebutuhan  konsumen  sekaligus  mempertahankan
            konsumen sebagai pelanggan
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67