Page 65 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 65
strategi yang diperlukan melalui pertumbuhan perusahaan mereka
(Thompson, 1999).
Dalam sistem manajemen korporat, upaya untuk menggali keunggulan
yang berkelanjutan sering dilakukan melalui langkah-langkah: (1) bagaimana
menggunakan strategi yang tepat melalui manajemen kreatif, inovatif,
kolaboratif, dan kooperatif (entrepreneurial management); (2) bagaimana
menggali keunggulan berkesinambungan dengan berani tampil berbeda dan
terdepan dalam inovasi sebagai market driven. (3) bagaimana mencari,
menemukan, menciptakan dan memelihara semua peluang dengan cara
menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (kreatif dan inovatif). (4)
bagaimana merancang dan menjamin grand strategy semua kegiatan
manajemen melalui kebijakan dan formulasi strategi yang tepat. Untuk
meraih kemajuan dan keunggulan diperlukan barang dan jasa unggul, maka
barang dan jasa tersebut hanya bisa diciptakan oleh sumberdaya manusia
yang unggul pula, yaitu sumberdaya manusia yang kreatif, inovatif, berani
menghadapi risiko, fleksibel dan perspektif atau berwawasan ke depan untuk
menciptakan perubahan dalam berbagai kehidupan yang disebut
entrepreneur.
Kewirausahaan telah diterima sebagai suatu disiplin ilmu yang
mempelajari tentang kemampuan, sikap, kepribadian, nilai dan watak
seseorang untuk memperbaiki tingkat hidupnya. Oleh sebab itu,
kewirausahaan sebagai Ilmu memiliki objek, teori, konsep dan metode ilmiah
yang nyata dan jelas (distinctive), bisa dipelajari dan diajarkan seperti halnya
ilmu-ilmu lain. Objek kewirausahaan sebagai ilmu adalah kemampuan
seseorang untuk merumuskan tujuan hidup, kemampuan berinisiatif,
kemampuan memotivasi diri, kemampuan bertindak dan kemampuan untuk
mengambil keputusan, serta kemampuan mental yang dilandasi agama. Inti
dan rahasia kewirausahaan adalah kreativitas (thingking new things) yaitu
kemampuan berpikir sesuatu yang baru dan berbeda, dan keinovasian (doing
new things) yaitu kemampuan menciptakan sesuatu yang baru berbeda
(innovative), sehingga kewirausahaan merupakan kemampuan untuk
menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda atau the ability to create new
and different (Zimmerer, 1996).
Selain memiliki objek, kewirausahaan juga memiliki dua konsep yaitu
posisi venture start up dan venture growth. Posisi Venture start up dari
entrepreneurship adalah inovasi dan implementasi. Sedangkan venture
growth merupakan proses perubahan dari dimensi inovasi dan implementasi