Page 65 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 65

strategi  yang  diperlukan  melalui  pertumbuhan  perusahaan  mereka
               (Thompson, 1999).
                   Dalam sistem manajemen korporat, upaya untuk menggali keunggulan
               yang berkelanjutan sering dilakukan melalui langkah-langkah: (1) bagaimana
               menggunakan  strategi  yang  tepat  melalui  manajemen  kreatif,  inovatif,
               kolaboratif,  dan  kooperatif  (entrepreneurial  management);  (2)  bagaimana
               menggali keunggulan berkesinambungan dengan berani tampil berbeda dan
               terdepan  dalam  inovasi  sebagai  market  driven.  (3)  bagaimana  mencari,
               menemukan,  menciptakan  dan  memelihara  semua  peluang  dengan  cara
               menciptakan  sesuatu  yang  baru  dan  berbeda  (kreatif  dan  inovatif).  (4)
               bagaimana  merancang  dan  menjamin  grand  strategy  semua  kegiatan
               manajemen  melalui  kebijakan  dan  formulasi  strategi  yang  tepat.  Untuk
               meraih kemajuan dan keunggulan diperlukan barang dan jasa unggul, maka
               barang dan jasa tersebut hanya bisa diciptakan oleh sumberdaya manusia
               yang unggul pula, yaitu sumberdaya manusia yang kreatif, inovatif, berani
               menghadapi risiko, fleksibel dan perspektif atau berwawasan ke depan untuk
               menciptakan  perubahan  dalam  berbagai  kehidupan  yang  disebut
               entrepreneur.
                   Kewirausahaan  telah  diterima  sebagai  suatu  disiplin  ilmu  yang
               mempelajari  tentang  kemampuan,  sikap,  kepribadian,  nilai  dan  watak
               seseorang  untuk  memperbaiki  tingkat  hidupnya.  Oleh  sebab  itu,
               kewirausahaan sebagai Ilmu memiliki objek, teori, konsep dan metode ilmiah
               yang nyata dan jelas (distinctive), bisa dipelajari dan diajarkan seperti halnya
               ilmu-ilmu  lain.  Objek  kewirausahaan  sebagai  ilmu  adalah  kemampuan
               seseorang  untuk  merumuskan  tujuan  hidup,  kemampuan  berinisiatif,
               kemampuan memotivasi diri, kemampuan bertindak dan kemampuan untuk
               mengambil keputusan, serta kemampuan mental yang dilandasi agama. Inti
               dan rahasia kewirausahaan adalah kreativitas (thingking new things) yaitu
               kemampuan berpikir sesuatu yang baru dan berbeda, dan keinovasian (doing
               new  things)  yaitu  kemampuan  menciptakan  sesuatu  yang  baru  berbeda
               (innovative),  sehingga  kewirausahaan  merupakan  kemampuan  untuk
               menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda atau the ability to create new
               and different (Zimmerer, 1996).
                   Selain  memiliki  objek,  kewirausahaan  juga  memiliki  dua  konsep  yaitu
               posisi  venture  start  up  dan  venture  growth.  Posisi  Venture  start  up  dari
               entrepreneurship  adalah  inovasi  dan  implementasi.  Sedangkan  venture
               growth merupakan proses perubahan dari dimensi inovasi dan implementasi
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70