Page 56 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 56

Kelistrikan
          5.  (Survei ke 23 investasi dan hubungannya dengan    2
              biaya di Asia dan Oseania 2013)
              Suku bunga
          6.                                                    9
              (Ekonomi perdagangan 2015)
              Peringkat investasi
          7.                                                    5
              (Ekonomi perdagangan 2015)
              Upah minimum
          8.  (Survei ke 23 investasi dan hubungannya dengan    7
              biaya di Asia dan Oseania 2013)
              Kemudahan memulai bisnis
          9.                                                    7
              (Melakukan bisnis 2015)
        sumber: Kementerian Perindustrian dan Litbang Kompas

            Adapun kunci keberhasilan untuk mampu bertahan di tengah persaingan
        terletak pada kemampuan perusahaan dalam mengembangkan keunggulan
        kompetitifnya.  Salah  satu  strategi  perusahaan  dalam  mengembangkan
        keunggulan  kompetitif  yaitu  melalui  inovasi.  Menurut  Wahyono  (2002)
        tujuan  utama  dari  inovasi  adalah  untuk  memenuhi  permintaan  pasar
        sehingga produk inovasi merupakan salah satu yang dapat digunakan sebagai
        keunggulan  bersaing  bagi  perusahaan.  Gray  et  al  (2002)  mengemukakan
        bahwa  kemampuan  inovasi  dari  suatu  perusahaan  akan  menjamin
        kemampuan bersaing perusahaan. Pada umumnya pelanggan menginginkan
        produk yang inovatif sesuai dengan keinginan mereka. Sementara itu bagi
        perusahaan,  keberhasilan  dalam  melakukan  inovasi  produk  berarti
        perusahaan  tersebut  selangkah  lebih  maju  dibandingkan  pesaingnya
        (Supranoto, 2009).
            Disamping  inovasi,  kunci  untuk  meningkatkan  produktivitas  dan  daya
        saing  perusahaan  yaitu  melalui  pengembangan  kewirausahaan.  Secara
        sederhana  kewirausahaan  atau  entrepreneurship  merupakan  tindakan
        menjadi seorang wirausaha (entrepreneur). Entrepreneur sendiri berasal dari
        Bahasa Perancis yang berarti “orang yang melakukan suatu usaha (bisnis)”.
        Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar,
        kiat dan sumberdaya untuk mencari peluang menuju sukses (Suryana, 2003).
        Kewirausahaan merupakan karakteristik kemanusiaan yang berfungsi besar
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61