Page 56 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 56
Kelistrikan
5. (Survei ke 23 investasi dan hubungannya dengan 2
biaya di Asia dan Oseania 2013)
Suku bunga
6. 9
(Ekonomi perdagangan 2015)
Peringkat investasi
7. 5
(Ekonomi perdagangan 2015)
Upah minimum
8. (Survei ke 23 investasi dan hubungannya dengan 7
biaya di Asia dan Oseania 2013)
Kemudahan memulai bisnis
9. 7
(Melakukan bisnis 2015)
sumber: Kementerian Perindustrian dan Litbang Kompas
Adapun kunci keberhasilan untuk mampu bertahan di tengah persaingan
terletak pada kemampuan perusahaan dalam mengembangkan keunggulan
kompetitifnya. Salah satu strategi perusahaan dalam mengembangkan
keunggulan kompetitif yaitu melalui inovasi. Menurut Wahyono (2002)
tujuan utama dari inovasi adalah untuk memenuhi permintaan pasar
sehingga produk inovasi merupakan salah satu yang dapat digunakan sebagai
keunggulan bersaing bagi perusahaan. Gray et al (2002) mengemukakan
bahwa kemampuan inovasi dari suatu perusahaan akan menjamin
kemampuan bersaing perusahaan. Pada umumnya pelanggan menginginkan
produk yang inovatif sesuai dengan keinginan mereka. Sementara itu bagi
perusahaan, keberhasilan dalam melakukan inovasi produk berarti
perusahaan tersebut selangkah lebih maju dibandingkan pesaingnya
(Supranoto, 2009).
Disamping inovasi, kunci untuk meningkatkan produktivitas dan daya
saing perusahaan yaitu melalui pengembangan kewirausahaan. Secara
sederhana kewirausahaan atau entrepreneurship merupakan tindakan
menjadi seorang wirausaha (entrepreneur). Entrepreneur sendiri berasal dari
Bahasa Perancis yang berarti “orang yang melakukan suatu usaha (bisnis)”.
Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar,
kiat dan sumberdaya untuk mencari peluang menuju sukses (Suryana, 2003).
Kewirausahaan merupakan karakteristik kemanusiaan yang berfungsi besar