Page 103 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 103
Kuadran II
Atribut-atribut yang termasuk kuadran dua yaitu kondisi ideal dimana
tingkat kinerja yang tinggi mampu memenuhi tingkat harapan pengunjung
restoran Talam Gangsa yang tinggi juga terhadap atribut ini. Atribut yang
termasuk pada kuadran ini adalah (II.1) cita rasa makanan, (II.3) variasi menu,
(II.5) kebersihan makanan, (II.13) tampilan rumah makan, (II.14) kenyamanan
dan keamanan rumah makan, (II.15) kebersihan dan kerapihan rumah makan,
(II.16) aroma rumah makan, dan (II.20) sarana parkir. Kedelapan atribut
tersebut telah memenuhi ekspektasi pengunjung restoran sehingga
hendaknya tetap dijaga dan dipertahankan kinerjanya. Selain itu perlu dicari
cara-cara baru dan inovasi baru sesuai dengan perubahan selera pengunjung.
Kuadran III
Atribut-atribut yang termasuk kuadran tiga atau prioritas rendah dimana
tingkat kinerja restoran yang kurang memuaskan sesuai dengan tingkat
kepentingan rendah menurut pengunjung yaitu (III.6) harga, (III.7) kesigapan
pramusaji, (III.8) keramahan, kesopanan dan perhatian pramusaji, (III.9)
penampilan pramusaji, (III.10) kecepatan penyajian, (III.11) kemudahan
transaksi, (III.12) kecepatan transaksi, dan (III.19) kemudahan akses rumah
makan. Walaupun pengunjung tidak menuntut tingkat kinerja tinggi pada
atribut-atribut tersebut, pengelola restoran tetap perlu meningkatkan kinerja
atribut-atribut terkait agar kepuasan pengunjung meningkat.
Kuadran IV
Atribut-atribut yang termasuk kuadran empat atau berlebihan dimana
tingkat kinerja yang tinggi namun harapan yang rendah dari pengunjung.
Tidak ada satupun atribut kepentingan dan kepuasan termasuk kedalam
kuadran ini. Sehingga tidak ada alokasi sumberdaya hendaknya dikurangi
dengan cara mengalokasikannya pada atribut di kuadran lain.