Page 101 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 101

0.00 – 0.34       =  tidak puas
                       0.35 – 0.50       =  kurang puas
                       0.51 – 0.65       =  cukup puas
                       0.66 – 0.80       =  puas
                       0.81 – 1.00       =  sangat puas

               METODE PENELITIAN
                   Penelitian mengenai tingkat kepuasan pengunjung wisata kuliner Kota
               Bandung  ini  pada  mulanya  didasari  oleh  persaingan  bisnis  restoran  yang
               semakin ketat. Faktor pertama yang diukur adalah Importance Performance
               Analysis  (IPA)  dan  selanjutnya  tingkat  kepuasan  dengan  analisis  Customer
               Satisfaction  Index  (CSI).Penelitian  ini  dilakukan  pada  pengunjung  restoran
               Talam Gangsa di Kota Bandung. Restoran Talam Gangsa adalah jenis usaha
               jasa pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan permanen
               yang menjual dan menyajikan makanan dan minuman untuk umum di tempat
               usahanya,  baik  dilengkapi  dengan  peralatan/perlengkapan  untuk  proses
               pembuatan dan penyimpanan maupun tidak dan telah mendapatkan surat
               keputusan sebagai restoran/rumah makan talam gangsa dari instansi yang
               membinanya (UU No.9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan). Restoran Talam
               Gangsa dipilih karena memiliki jumlah paling banyak dibandingkan klasifikasi
               restoran lainnya di Bandung. Penelitian ini berlangsung selama 2 bulan, dari
               bulan September hingga Oktober 2015. Pengabilan sampel dilakukan setiap
               akhir pekan selama bulan-bulan tersebut.
                   Pengumpulan data penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang
               bersifat  kualitatif  dan  kuantitatif.  Data  primer  diperoleh  melalui  survei
               menggunakan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur,
               buku, dan bahan pustakan lainnya yang relevan. Populasi penelitian adalah
               pengunjung restoran Talam Gangsa di Kota Bandung dengan ukuran sampel
               270  responden.  Sampel  dipilih  secara  non  probability  sampling  dengan
               menggunakan  convenience  sampling.  Penggunaan  metode  ini  dilakukan
               dengan  membagikan  kuesioner.Indikator-indikator  kualitas  layanan  yang
               digunakan  dalam  penelitian  ini  berdasarkan  konsep  Service  Quality  atau
               SERVQUAL  (Zeithaml  et  al.,  1990)  dan  2  dimensi  tambahan  diadopsi  dari
               penelitian Qin dan Victor (2009). Sehingga penelitian ini memiliki 7 dimensi,
               yaitu tangible, reliability, assurance, responsiveness, emphaty, food quality
               dan perceived value. Secara rinci ketujuh dimensi tersebut terbagi kedalam
               20 indikator sebagai berikut:
   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106