Page 102 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 102
1. Cita rasa makanan 11. Kemudahan transaksi
2. Porsi makanan 12. Kecepatan transaksi
3. Variasi menu 13. Tampilan rumah makan
4. Aroma makanan 14. Kenyamanan dan keamanan
5. Kebersihan makanan rumah makan
6. Harga 15. Kebersihan dan kerapihan rumah
7. Kesigapan pramusaji makan
8. Keramahan, kesopanan dan 16. Aroma rumah makan
perhatian pramusaji 17. Kelengkapan peralatan makan
9. Penampilan pramusaji 18. Kelengkapan peralatan masak
10. Kecepatan penyajian 19. Kemudahan akses rumah makan
20. Sarana parkir
HASIL DAN PEMBAHASAN
Karakteristik Umum Pengunjung
Karakteristik pengunjung restoran Talam Gangsa di Kota Bandung dalam
penelitian ini sebanyak 56.1% wanita dan 43.9% pria. Usia dalam penelitian
ini beragam, tetapi didominasi oleh remaja dengan usia 21 – 25 tahun sebesar
44.8%. selanjutnya, sebanyak 59.4% belum menikah dan telah bekerja
sebagai pegawai swasta sebesar 41.0%. Setiap kunjungan, sebanyak 67%
pengunjung menghabiskan biaya sebesar kurang dari Rp 200.000,- per orang.
Importance Performance Analysis (IPA)
Berdasarkan hasil pengolahan data, atribut-atribut yang mempengaruhi
kepuasan pengunjung dapat dipetakan pada diagram kartesius dengan
sumbu X mewakili tingkat kepuasan dan sumbu Y mewakili tingkat
kepentingan (gambar 2).
Kuadran I
Kuadran ini menggambarkan daerah dengan tingkat kinerja di bawah
harapan pengunjung. Atribut-atribut yang termasuk kuadran satu atau
prioritas untuk diperbaiki. Pada restoran-restoran Talam Gangsa di Kota
Bandung, terdapat beberapa atribut yang tidak sesuai dengan harapan
pengunjung, yaitu (I.2) porsi makanan, (I.4) aroma makanan, (I.17) dekorasi
rumah makan, dan (I.18) kelengkapan peralatan makan. Keempat atribut
tersebut tidak sesuai dengan harapan sehingga perlu diperbaiki dan
ditingkatkan kualitasnya agar memberikan kepuasan kepada pengunjung.