Page 102 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 102

1.  Cita rasa makanan             11.  Kemudahan transaksi
          2.  Porsi makanan                 12.  Kecepatan transaksi
          3.  Variasi menu                  13.  Tampilan rumah makan
          4.  Aroma makanan                 14.  Kenyamanan   dan   keamanan
          5.  Kebersihan makanan                rumah makan
          6.  Harga                         15.  Kebersihan dan kerapihan rumah
          7.  Kesigapan pramusaji               makan
          8.  Keramahan,  kesopanan  dan    16.  Aroma rumah makan
              perhatian pramusaji           17.  Kelengkapan peralatan makan
          9.  Penampilan pramusaji          18.  Kelengkapan peralatan masak
          10.  Kecepatan penyajian          19.  Kemudahan akses rumah makan
                                            20.  Sarana parkir
        HASIL DAN PEMBAHASAN

        Karakteristik Umum Pengunjung
            Karakteristik pengunjung restoran Talam Gangsa di Kota Bandung dalam
        penelitian ini sebanyak 56.1% wanita dan 43.9% pria. Usia dalam penelitian
        ini beragam, tetapi didominasi oleh remaja dengan usia 21 – 25 tahun sebesar
        44.8%.  selanjutnya,  sebanyak  59.4%  belum  menikah  dan  telah  bekerja
        sebagai  pegawai  swasta  sebesar  41.0%.  Setiap  kunjungan,  sebanyak  67%
        pengunjung menghabiskan biaya sebesar kurang dari Rp 200.000,- per orang.
        Importance Performance Analysis (IPA)
            Berdasarkan hasil pengolahan data, atribut-atribut yang mempengaruhi
        kepuasan  pengunjung  dapat  dipetakan  pada  diagram  kartesius  dengan
        sumbu  X  mewakili  tingkat  kepuasan  dan  sumbu  Y  mewakili  tingkat
        kepentingan (gambar 2).

        Kuadran I
            Kuadran  ini  menggambarkan  daerah  dengan  tingkat  kinerja  di  bawah
        harapan  pengunjung.  Atribut-atribut  yang  termasuk  kuadran  satu  atau
        prioritas  untuk  diperbaiki.  Pada  restoran-restoran  Talam  Gangsa  di  Kota
        Bandung,  terdapat  beberapa  atribut  yang  tidak  sesuai  dengan  harapan
        pengunjung, yaitu (I.2) porsi makanan, (I.4) aroma makanan, (I.17) dekorasi
        rumah  makan,  dan  (I.18)  kelengkapan  peralatan  makan.  Keempat  atribut
        tersebut  tidak  sesuai  dengan  harapan  sehingga  perlu  diperbaiki  dan
        ditingkatkan kualitasnya agar memberikan kepuasan kepada pengunjung.
   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107