Page 100 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 100

3.  Kuadran III (Prioritas Rendah)
            Posisi  ini  memuat  variabel-variabel  yang  dianggap  kurang  penting
            pengaruhnya bagi konsumen dan kenyataannya juga kinerjanya kurang
            istimewa. Perbaikan dan peningkatan kinerja variabel-variabel ini dapat
            dipertimbangkan  kembali  karena  pengaruhnya  kecil  terhadap
            konsumen.
        4.  Kuadaran IV (Berlebihan)
            Posisi  ini  memuat  variabel-variabel  yang  dianggap  kurang  penting
            pengaruhnya bagi konsumen, namun pelaksanaannya telah dilaksanakan
            dengan sangat baik. Kinerja variabel-variabel ini dapat dihemat karena
            dapat menghemat biaya.

        Customer Satisfaction Index (CSI)
            Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menentukan tingkat
        kepuasan  pelanggan  secara  keseluruhan  dengan  pendekatan  yang
        mempertimbangkan  tingkat  kepentingan  variabel-variabel  yang  diukur.
        Menurut  Stratford  (2007)  dalam  Uluum  (2007)  tahap-tahap  dalam
        pengukuran CSI adalah sebagai berikut:
        1.  Menghitung Importance Weighting Factors, yaitu mengubah nilai rata-
            rata  tingkat  kepentingan  menjadi  persentase  dari  total  nilai  rata-rata
            tingkat  kepentingan  untuk  seluruh  variabel  yang  diuji,  sehingga
            didapatkan total Importance Weighting Factors 100%.
        2.  Menghitung Weighted Score, yaitu nilai perkalian antara nilai rata-rata
            tingkat kinerja masing-masing variabel dengan weighted score, yaitu nilai
            perkalian  antara  nilai  rata-rata  tingkat  kinerja  masing-masing  variabel
            dengan Importance Weighting Factors masing-masing variabel.
        3.  Menghitung Weighted Total, yaitu menjumlahkan Weighted Score dari
            semua variabel.
        4.  Menghitung Satisfaction Index, yaitu Weighted Total dibagi dengan skala
            maksimal yang digunakan kemudian dikali 100 persen.
        5.  Tingkat  kepuasan  responden  secara  menyeluruh  dapat  dilihat  dari
            kriteria  tingkat  kepuasan  konsumen.  Adapun  kriteria  berdasarkan
            Panduan Survei Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo yaitu sebagai berikut:
   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105