Page 99 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 99
yang dibatasi oleh dua garis yang berpotongan tegak lurus pada titik ( ̿
̿ ). Titik ̿ rata-rata skor tingkat kepentingan dan ̿ rata-rata skor tingkat
kinerja terhadap seluruh faktor kepuasan.
Keempat kuadran tersebut disajikan dalam gambar berikut.
Gambar 1: Diagram Kartesius IPA
Berdasarkan diagram tersebut, maka dapat dirumuskan strategi yang
dilakukan berkaitan dengan posisi masing-masing atribut keempat kuadran
tersebut yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Kuadran I (Prioritas Utama)
Posisi ini memuat variabel-variabel yang dianggap penting oleh
konsumen namun pada kenyataannya kinerja dari variabel ini belum
sesuai dengan yang diharapkan. Artinya tingkat kepuasan yang diperoleh
konsumen masih sangat rendah dan perlu dilakukan perbaikan terus
menerus.
2. Kuadran II (Pertahankan Prestasi)
Posisi ini memuat variabel-variabel yang dianggap penting oleh
konsumen telah dilaksanakan dengan baik dan dapat memuaskan
konsumen.