Page 99 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 99

yang dibatasi oleh dua garis yang berpotongan tegak lurus pada titik (   ̿
                      ̿ ). Titik    ̿  rata-rata skor tingkat kepentingan dan    ̿  rata-rata skor tingkat
                   kinerja terhadap seluruh faktor kepuasan.

                      Keempat kuadran tersebut disajikan dalam gambar berikut.























                                 Gambar 1: Diagram Kartesius IPA

                   Berdasarkan  diagram  tersebut,  maka  dapat  dirumuskan  strategi  yang
               dilakukan berkaitan dengan posisi masing-masing atribut keempat kuadran
               tersebut yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
               1.  Kuadran I (Prioritas Utama)
                   Posisi  ini  memuat  variabel-variabel  yang  dianggap  penting  oleh
                   konsumen  namun  pada  kenyataannya  kinerja  dari  variabel  ini  belum
                   sesuai dengan yang diharapkan. Artinya tingkat kepuasan yang diperoleh
                   konsumen  masih  sangat  rendah  dan  perlu  dilakukan  perbaikan  terus
                   menerus.
               2.  Kuadran II (Pertahankan Prestasi)
                   Posisi  ini  memuat  variabel-variabel  yang  dianggap  penting  oleh
                   konsumen  telah  dilaksanakan  dengan  baik  dan  dapat  memuaskan
                   konsumen.
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104