Page 106 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 106
PEMBAHASAN
Kinerja pelayanan restoran Talam Gangsa terdiri dari 20 atribut tersebar
pada kuadran I, II, dan III Diagram Kartesius Importance Performance Analysis
(IPA). Empat atribut berada pada kuadran I yang berarti tingkat kinerja di
bawah harapan pengunjung. Atribut-atribut yang termasuk kuadran I atau
prioritas untuk diperbaiki pada restoran Talam Gangsa di Kota Bandung yaitu
porsi makanan, aroma makanan, dekorasi rumah makan, dan kelengkapan
peralatan makan. Keempat atribut tersebut tidak sesuai dengan harapan
sehingga perlu diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya agar memberikan
kepuasan kepada pengunjung.
Kemudian terdapat delapan atribut yang termasuk dalam kondisi ideal
yaitu dikuadran II dimana tingkat kinerja yang tinggi dan mampu memenuhi
tingkat harapan pengunjung restoran Talam Gangsa yang tinggi juga. Atribut
yang termasuk pada kuadran ini adalah cita rasa makanan, variasi menu,
kebersihan makanan, tampilan rumah makan, kenyamanan dan keamanan
rumah makan, kebersihan dan kerapihan rumah makan, aroma rumah
makan, dan sarana parkir.
Selanjutnya kuadran III yaitu atribut dengan prioritas rendah dimana
tingkat kinerja restoran yang kurang memuaskan sesuai dengan tingkat
kepentingan rendah yaitu harga, kesigapan pramusaji, keramahan,
kesopanan dan perhatian pramusaji, penampilan pramusaji, kecepatan
penyajian, kemudahan transaksi, kecepatan transaksi, dan kemudahan akses
rumah makan. Walaupun pengunjung tidak menuntut tingkat kinerja tinggi
pada atribut tersebut, pengelola restoran tetap perlu meningkatkan kinerja
atribut-atribut terkait agar kepuasan pengunjung meningkat. Namun
demikian tidak terdapat atribut yang termasuk kuadran empat atau
berlebihan dimana tingkat kinerja yang tinggi namun harapan yang rendah
dari pengunjung.
Berdasarkan hasil Customer Satisfaction Index (CSI) kinerja yang
dilakukan oleh restoran Talam Gangsa telah memuaskan pengunjung dengan
tingkat kepuasan sebesar 73.48%. Artinya, berdasarkan kriteria Panduan
Survei Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo berada pada tingkat memuaskan.
Bila diurutkan menurut tingkat kepentingan, atribut-atribut kinerja yang
sudah memuaskan pelanggan adalah kenyamanan dan keamanan rumah
makan, sarana parkir, sebersihan dan kerapihan rumah makan, dan
kebersihan makanan. Meskipun kinerja restoran Talam Gangsa dan kepuasan
pengunjung terhadap layanan menunjukkan hasil yang memuaskan, namun