Page 106 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 106

PEMBAHASAN
            Kinerja pelayanan restoran Talam Gangsa terdiri dari 20 atribut tersebar
        pada kuadran I, II, dan III Diagram Kartesius Importance Performance Analysis
        (IPA). Empat atribut  berada pada kuadran I yang berarti tingkat kinerja di
        bawah harapan pengunjung. Atribut-atribut yang termasuk kuadran I atau
        prioritas untuk diperbaiki pada restoran Talam Gangsa di Kota Bandung yaitu
        porsi makanan,  aroma makanan, dekorasi rumah makan, dan kelengkapan
        peralatan  makan.  Keempat  atribut  tersebut  tidak  sesuai  dengan  harapan
        sehingga  perlu  diperbaiki  dan  ditingkatkan  kualitasnya  agar  memberikan
        kepuasan kepada pengunjung.
            Kemudian terdapat delapan atribut yang termasuk dalam  kondisi ideal
        yaitu dikuadran II dimana tingkat kinerja yang tinggi dan mampu memenuhi
        tingkat harapan pengunjung restoran Talam Gangsa yang tinggi juga. Atribut
        yang  termasuk  pada  kuadran  ini  adalah  cita  rasa  makanan,  variasi  menu,
        kebersihan makanan, tampilan rumah makan, kenyamanan dan keamanan
        rumah  makan,  kebersihan  dan  kerapihan  rumah  makan,  aroma  rumah
        makan, dan  sarana parkir.
            Selanjutnya  kuadran  III  yaitu  atribut  dengan  prioritas  rendah  dimana
        tingkat  kinerja  restoran  yang  kurang  memuaskan  sesuai  dengan  tingkat
        kepentingan  rendah  yaitu  harga,  kesigapan  pramusaji,  keramahan,
        kesopanan  dan  perhatian  pramusaji,  penampilan  pramusaji,  kecepatan
        penyajian, kemudahan transaksi, kecepatan transaksi, dan kemudahan akses
        rumah makan. Walaupun pengunjung tidak menuntut tingkat kinerja tinggi
        pada atribut tersebut, pengelola restoran tetap perlu meningkatkan kinerja
        atribut-atribut  terkait  agar  kepuasan  pengunjung  meningkat.  Namun
        demikian  tidak  terdapat  atribut  yang  termasuk  kuadran  empat  atau
        berlebihan dimana tingkat kinerja yang tinggi namun harapan yang rendah
        dari pengunjung.
            Berdasarkan  hasil  Customer  Satisfaction  Index  (CSI)  kinerja  yang
        dilakukan oleh restoran Talam Gangsa telah memuaskan pengunjung dengan
        tingkat  kepuasan  sebesar  73.48%.  Artinya,  berdasarkan  kriteria  Panduan
        Survei Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo berada pada tingkat memuaskan.
        Bila  diurutkan  menurut  tingkat  kepentingan,  atribut-atribut  kinerja  yang
        sudah  memuaskan  pelanggan  adalah  kenyamanan  dan  keamanan  rumah
        makan,  sarana  parkir,  sebersihan  dan  kerapihan  rumah  makan,  dan
        kebersihan makanan. Meskipun kinerja restoran Talam Gangsa dan kepuasan
        pengunjung terhadap layanan menunjukkan hasil yang memuaskan, namun
   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111