Page 247 - Peran Matematika, Sains, dan Teknologi Dalam Mendukung Gaya Hidup Perkotaan (Urban Lifestyle) Yang Berkualitas
P. 247

Peran MST dalam Mendukung Urban Lifestyle yang Berkualitas   229


               KOMPETENSI DALAM MENGEVALUASI KEGIATAN PENYULUHAN

                   Menurut  Huda  (2011)  tingkat  kompetensi  penyuluh  dalam
               mengevaluasi  kegiatan  penyuluhan  tergolong  moderat,  terlihat  dari
               kemampuan  mereka  dalam  perencanaan  penyuluhan,  pengumpulan
               data, menganalisis  hasil,  dan  merumuskan  laporan  kegiatan  penyuluhan,
               masih belum optimal. Kondisi ini mengindikasikan bahwa harus ada upaya
               untuk  meningkatkan  kompetensi  penyuluh  dalam  mengevaluasi  kegiatan
               penyuluhan  difokuskan  pada  peningkatan  kemampuan  mereka  dalam
               mempersiapkan  rencana  kegiatan  evaluasi,  mengumpulkan  data  dan
               menganalisis hasil, dan merumuskan laporan evaluasi.
                   Kompetensi  penyuluh  dalam  mengevaluasi  kegiatan  penyuluhan  yang
               tergolong sedang, dapat dilihat dari aspek afektif dan psikomotorik mereka.
               Namun,  tingkat  pengetahuan  mereka  rendah.  Ini  berarti  bahwa  mereka
               tidak memiliki pemahaman yang baik tentang evaluasi kegiatan penyuluhan,
               yaitu dalam hal perencanaan, mengumpulkan data dan menganalisis hasil,
               dan merumuskan laporan evaluasi kegiatan penyuluhan. Namun keyakinan
               dan tindakan mereka cukup baik dalam mengevaluasi kegiatan penyuluhan.
               Oleh  karena  itu,  upaya  peningkatan  kompetensi  penyuluh  dalam
               mengevaluasi  kegiatan  penyuluhan  dapat  difokuskan  pada  peningkatan
               aspek pengetahuan mereka.
                   Wawancara  dengan  penyuluh  menunjukkan  bahwa  meskipun  mereka
               memiliki  pengalaman  yang  cukup  dalam  kegiatan  penyuluhan,  tetapi
               mereka  merasa  bahwa  pengetahuan  mereka  masih  kurang  dan  harus
               ditingkatkan sesuai dengan kondisi saat ini. Meskipun mereka memiliki sikap
               positif  terhadap  tugas-tugasnya  sebagai  konselor,  tetapi  mereka  masih
               menghadapi  masalah  atau  kesulitan  saat  melaksanakan  kegiatan
               penyuluhan.  Berdasarkan  penjelasan  di  atas,  dapat  disimpulkan  bahwa
               upaya  untuk  meningkatkan  kompetensi  profesional  penyuluh  dapat
               difokuskan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam
               perencanaan,   pelaksanaan,   dan   mengevaluasi   berbagai   kegiatan
               penyuluhan.

               FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI KOMPETENSI PENYULUH

                   Temuan dalam penelitian Huda (2011) terhadap faktor dominan yang
               mempengaruhi  tingkat  kompetensi penyuluh  pertanian  lulusan  UT  adalah:
   242   243   244   245   246   247   248   249   250   251   252