Page 79 - Cakrawala Pendidikan
P. 79
Pendidikan Untuk Milenium
Kenyataan menunjukkan bahwa PT saat ini masih belum bebas
100% dalam menentukan kurikulum akademiknya. Padahal
kurikulum yang adaptif hanya dapat dibuat apabila PT memiliki
otonomi akademik yang luas. Otonomi akademik akan melahirkan
kreativitas dalam perancangan kegiatan akademik dan akan
meningkatkan keterkaitan ilmu pengetahuan dengan konteks
aplikasinya.
Kurikulum Transdisipliner dan Modus Pendidikan
Terbuka
Perkembangan teknologi merupakan hasil integrasi perkembangan
berbagai disiplin ilmu. Demikian pula, problema dan tantangan
yang harus dihadapi dan diselesaikan pada tatanan masyarakat
abad 21 memerlukan pendekatan yang multidisiplin. Fenomena ini
menuntut manusia untuk menguasai tumpang tindih berbagai
bidang ilmu, untuk menjadi spesialis yang juga generalis. Transfer
komponen-komponen identik dari dua bidang pengetahuan yang
berbeda, berarti belajar menemukan kembali struktur pengetahuan
tertentu dalam konteks yang berbeda yang dapat disarikan untuk
tujuan tertentu atau untuk mengatasi masalah tertentu. Artinya,
selain identitas kognitif satu disiplin yang harus dikuasai, diperlukan
juga kemampuan untuk bekerja berdasarkan modus transdisipiiner.
lni juga berarti menekankan lagi pentingnya beiajar bekerja sama
dalam tim yang terdiri dari berbagai iatar belakang disipiin ilmu, dan
yang memiliki pengalaman dan keterampilan yang berbeda, untuk
menyelesaikan tugas tertentu.
Kebutuhan pengetahuan dan keterampiian yang transdisipliner
menuntut perubahan sistem pendidikan. Metamorfose yang akan
harus dialami oieh PT pada umumnya, khususnya di negara
berkembang dan terutama di Indonesia, terkait dengan dua 1su
utama, yaitu: kualitas dan akses. Kualitas terkait dengan substansi
kurikulum yang fleksibel sehingga dapat mengakomodasi
kebutuhan setiap orang. Kenyataan menunjukkan bahwa alam
tidak bersifat egalitarian karena setiap orang dilahirkan dengan
berbeda potensi intelektual, talenta, minat dan jasmani serta
dibesarkan pula dalam lingkungan yang berbeda fisik, bioiogis,
kuitural maupun ekonomi, yang memunculkan berbagai potensi
67