Page 79 - Cakrawala Pendidikan
P. 79

Pendidikan       Untuk Milenium

      Kenyataan  menunjukkan  bahwa  PT  saat  ini  masih  belum  bebas
      100%  dalam  menentukan  kurikulum  akademiknya.  Padahal
      kurikulum  yang  adaptif  hanya  dapat  dibuat  apabila  PT  memiliki
      otonomi akademik yang  luas.  Otonomi  akademik akan  melahirkan
      kreativitas  dalam  perancangan  kegiatan  akademik  dan  akan
      meningkatkan  keterkaitan  ilmu  pengetahuan  dengan  konteks
      aplikasinya.

      Kurikulum Transdisipliner dan Modus Pendidikan
      Terbuka
      Perkembangan teknologi merupakan hasil integrasi perkembangan
      berbagai  disiplin  ilmu.  Demikian  pula,  problema  dan  tantangan
      yang  harus  dihadapi  dan  diselesaikan  pada  tatanan  masyarakat
      abad 21  memerlukan  pendekatan yang  multidisiplin.  Fenomena  ini
      menuntut  manusia  untuk  menguasai  tumpang  tindih  berbagai
      bidang  ilmu,  untuk menjadi spesialis yang  juga generalis.  Transfer
      komponen-komponen  identik  dari  dua  bidang  pengetahuan  yang
      berbeda,  berarti belajar menemukan kembali struktur pengetahuan
      tertentu  dalam  konteks  yang  berbeda  yang  dapat disarikan  untuk
      tujuan  tertentu  atau  untuk  mengatasi  masalah  tertentu.  Artinya,
      selain identitas kognitif satu disiplin yang harus dikuasai, diperlukan
      juga kemampuan untuk bekerja berdasarkan modus transdisipiiner.
      lni  juga  berarti  menekankan  lagi  pentingnya  beiajar  bekerja  sama
      dalam tim yang terdiri dari berbagai iatar belakang disipiin ilmu, dan
      yang  memiliki pengalaman  dan  keterampilan  yang  berbeda,  untuk
      menyelesaikan tugas tertentu.
      Kebutuhan  pengetahuan  dan  keterampiian  yang  transdisipliner
      menuntut  perubahan  sistem  pendidikan.  Metamorfose  yang  akan
      harus  dialami  oieh  PT  pada  umumnya,  khususnya  di  negara
      berkembang  dan  terutama  di  Indonesia,  terkait  dengan  dua  1su
      utama, yaitu:  kualitas dan akses.  Kualitas terkait dengan substansi
      kurikulum  yang   fleksibel   sehingga   dapat  mengakomodasi
      kebutuhan  setiap  orang.  Kenyataan  menunjukkan  bahwa  alam
      tidak  bersifat  egalitarian  karena  setiap  orang  dilahirkan  dengan
      berbeda  potensi  intelektual,  talenta,  minat  dan  jasmani  serta
      dibesarkan  pula  dalam  lingkungan  yang  berbeda  fisik,  bioiogis,
      kuitural  maupun  ekonomi,  yang  memunculkan  berbagai  potensi




                                                                67
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84