Page 80 - Cakrawala Pendidikan
P. 80

Semiawan & Tian  Belawati

           yang  dimiliki  seseorang.  Oleh  sebab  itu,  setiap  orang  seharusnya
           dimungkinkan  untuk  merakit  kurikulum  belajarnya  sendiri  sesuai
           dengan  minat  dan  kebutuhannya.  lni  berarti,  proses  belajar
           mengajar  harus  mencari  kemungkinan  di  antara  berbagai  jenis
           saluran jamak (mufti channel)  neuron otak  yang  dapat "membuka"
           kemampuan  tersebut  dengan  kemungkinan  jamak  (mufti  chance)
           pula.
           Di  samping  itu,  modus  kerja  yang  baru  yang  terkait  dengan
           produks1 pengetahuan  baru seperti diuraikan  menuntut agar batas-
           batas  antar  berbagai  bidang  disiplin  (transdisiplin)  menjadi  lebih
           fleksibel,  tidak lagi  terlalu  ketat (Nowotny  dalam  Semiawan,  1999).
           Artinya,  kemampuan  untuk  beradaptasi  terhadap  situasi  baru
           terkait  erat  dengan  keterlatihan  seseorang  menghadapi  berbagai
           disiplin  yang  berbeda  dan  menggunakan  kemampuan  berpikir
           tinggi.  lni  juga  berarti  peningkatan  keterampilan  dan  sikap  untuk
           dapat  dan  mau  menambah  pengetahuan  serta  penyesuaian  diri
           terhadap tantangan situasi yang terus menerus berubah.

           Akses  terkait  dengan  penyediaan  sumber  belajar  bagi  seluruh
           masyarakat  yang  membutuhkan.  Dampak  signifikan  dari  produksi
           dan  distribusi  pengetahuan  yang  berkenaan  dengan  pasaran
           continuing  education  yang  dilandasi  oleh  masyarakat  belajar
           (teaming  society),  dan  yang  menganut  prinsip  belajar  sepanjang
           hayat,  adalah  meluasnya  pelayanan  pendidikan  melalui  mass
           education.  Cepatnya  perubahan  menuntut  disiapkannya  retraining
           berbagai  bidang,  di  samping  pendidikan  formal  yang  biasa  berlaku
           untuk  pengembangan  ilmu.  Artinya,  seka!i  lagi,  adalah  perlunya
           dikembangkan  sistem  pendidikan  yang  lebih  terbuka.  Sistem
           pendidikan  yang  lebih  terbuka  seperti  melalui  penerapan  sistem
           belajar  jarak  jauh  (distance  learning)  merupakan  alternatif  yang
           perlu  terus  diaplikasikan.  Dengan  demikian  akses  terhadap
           pendidikan  tinggi  dapat  disediakan  untuk  populasi  sasaran  yang
           berasal  dari  segmen  yang  berbeda,  sehingga  seluruh  potensi
           dapat  berkontribusi  pada  penyiapan  sumberdaya  manus1a  yang
           siap  berkompetisi  di  era  global.  Kesiapan  belaJar  masyarakat
           banyak  akan  meningkatkan  kemampuan  para  pekerJa  untuk
           memberi  respon  yang  sesuai  terhadap  perubahan  teknologi  yang




           68
   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85