Page 80 - Cakrawala Pendidikan
P. 80
Semiawan & Tian Belawati
yang dimiliki seseorang. Oleh sebab itu, setiap orang seharusnya
dimungkinkan untuk merakit kurikulum belajarnya sendiri sesuai
dengan minat dan kebutuhannya. lni berarti, proses belajar
mengajar harus mencari kemungkinan di antara berbagai jenis
saluran jamak (mufti channel) neuron otak yang dapat "membuka"
kemampuan tersebut dengan kemungkinan jamak (mufti chance)
pula.
Di samping itu, modus kerja yang baru yang terkait dengan
produks1 pengetahuan baru seperti diuraikan menuntut agar batas-
batas antar berbagai bidang disiplin (transdisiplin) menjadi lebih
fleksibel, tidak lagi terlalu ketat (Nowotny dalam Semiawan, 1999).
Artinya, kemampuan untuk beradaptasi terhadap situasi baru
terkait erat dengan keterlatihan seseorang menghadapi berbagai
disiplin yang berbeda dan menggunakan kemampuan berpikir
tinggi. lni juga berarti peningkatan keterampilan dan sikap untuk
dapat dan mau menambah pengetahuan serta penyesuaian diri
terhadap tantangan situasi yang terus menerus berubah.
Akses terkait dengan penyediaan sumber belajar bagi seluruh
masyarakat yang membutuhkan. Dampak signifikan dari produksi
dan distribusi pengetahuan yang berkenaan dengan pasaran
continuing education yang dilandasi oleh masyarakat belajar
(teaming society), dan yang menganut prinsip belajar sepanjang
hayat, adalah meluasnya pelayanan pendidikan melalui mass
education. Cepatnya perubahan menuntut disiapkannya retraining
berbagai bidang, di samping pendidikan formal yang biasa berlaku
untuk pengembangan ilmu. Artinya, seka!i lagi, adalah perlunya
dikembangkan sistem pendidikan yang lebih terbuka. Sistem
pendidikan yang lebih terbuka seperti melalui penerapan sistem
belajar jarak jauh (distance learning) merupakan alternatif yang
perlu terus diaplikasikan. Dengan demikian akses terhadap
pendidikan tinggi dapat disediakan untuk populasi sasaran yang
berasal dari segmen yang berbeda, sehingga seluruh potensi
dapat berkontribusi pada penyiapan sumberdaya manus1a yang
siap berkompetisi di era global. Kesiapan belaJar masyarakat
banyak akan meningkatkan kemampuan para pekerJa untuk
memberi respon yang sesuai terhadap perubahan teknologi yang
68