Page 77 - Cakrawala Pendidikan
P. 77
Pendidikan Tinggi Untuk Milenium Ketiga
Sementara itu, walaupun istilah kecerdasan emosional (emotional
quotion atau EO) sudah mulai memasyarakat, pada waktu ini 10
masih merupakan angka yang banyak diukur untuk berbagai
keperluan. IQ yang diukur melalui suatu overall single score, yaitu
skor umum tunggal, mungkin memang merupakan peramal baik
untuk mengestimasi kemajuan sekolah karena pendidikan formal
terutama menggunakan kemampuan verbal linguistik dan logis-
matematis yang memang adalah penting dalam zaman serba
teknologi. Tetapi inteligensi lainnya tidak atau kurang
diperhatikan, yang memberi konotasi bahwa tidak seluruh
kemampuan otak dimanfaatkan. Padahal, eskalasi maupun
akselerasi dalam belajar pada setiap jenJang usia, terutama pada
usia seseorang berada di perguruan tinggi, menunjukkan bahwa
perkembangan kemampuan secara optimal menuntut penggunaan
kemampuan otak secara maksimal sekaligus, melalui kombinasi
unik semua inteligensia tersebut.
Karena kehidupan intelektual adalah ekspresi dari human
intelligence, maka perkembangan otak, organisasi dan fungsinya,
jangan hanya dilihat dari produk dan kinerjanya melainkan juga dari
proses dan strukturnya Penelitian menunjukkan (Meeker dalam
Semiawan, 1999) bahwa otak tidak tumbuh dan berkembang saja,
tetapi mengorganisasikan dirinya. Konsep organ1sas1 neurologi
adalah kunci memahami inteligensi manusia sebagai kemampuan
yang terus menerus menumbuhkan kemampuan baru. lntel1gens1
mencakup pemahaman terhadap berbagai stimuli yang
terintegrasikan dalam informasi yang sudah ada atau
menggunakan informasi sedemikian rupa sehingga meningkatkan
kompleksitas pemahaman, integrasi dan aplikasinya. Dalam
memunculkan berbagai kemampuan baru yang tadinya bersifat
tersirat menjadi tersurat, tersintesakan berbagai kemampuan
tersebut pada tarat mental yang lebih tinggi dan melalui berbagai
saluran jamak yang beragam (multichannel)
Dengan pengetahuan mengenai fungsi kerja otak dan
perkembangan teori intel1gensi manusia tersebut, hal yang menJadi
persoalan adalah : bagaimana kita dapat mengoptimalkan klnerJa
otak untuk 'mengeluarkan' semua potensi intel1gensi dalam din
peserta didik. terutama di perguruan tinggi?
65