Page 77 - Cakrawala Pendidikan
P. 77

Pendidikan Tinggi Untuk Milenium Ketiga

       Sementara  itu,  walaupun  istilah  kecerdasan  emosional  (emotional
       quotion  atau  EO)  sudah  mulai  memasyarakat,  pada  waktu  ini  10
       masih  merupakan  angka  yang  banyak  diukur  untuk  berbagai
       keperluan.  IQ  yang  diukur melalui  suatu  overall single score,  yaitu
       skor  umum  tunggal,  mungkin  memang  merupakan  peramal  baik
       untuk  mengestimasi  kemajuan  sekolah  karena  pendidikan  formal
       terutama  menggunakan  kemampuan  verbal  linguistik  dan  logis-
       matematis  yang  memang  adalah  penting  dalam  zaman  serba
       teknologi.  Tetapi  inteligensi   lainnya   tidak  atau  kurang
       diperhatikan,  yang  memberi  konotasi  bahwa  tidak  seluruh
       kemampuan  otak  dimanfaatkan.  Padahal,  eskalasi  maupun
       akselerasi  dalam  belajar  pada  setiap  jenJang  usia,  terutama  pada
       usia  seseorang  berada  di  perguruan  tinggi,  menunjukkan  bahwa
       perkembangan  kemampuan  secara  optimal  menuntut  penggunaan
       kemampuan  otak  secara  maksimal  sekaligus,  melalui  kombinasi
       unik semua inteligensia tersebut.
       Karena  kehidupan  intelektual  adalah  ekspresi  dari  human
       intelligence,  maka  perkembangan  otak,  organisasi  dan  fungsinya,
       jangan hanya dilihat dari produk dan kinerjanya melainkan juga dari
       proses  dan  strukturnya  Penelitian  menunjukkan  (Meeker  dalam
       Semiawan,  1999) bahwa  otak tidak  tumbuh  dan  berkembang  saja,
       tetapi  mengorganisasikan  dirinya.  Konsep  organ1sas1  neurologi
       adalah  kunci  memahami  inteligensi  manusia  sebagai  kemampuan
       yang  terus  menerus  menumbuhkan  kemampuan  baru.  lntel1gens1
       mencakup    pemahaman     terhadap   berbagai   stimuli   yang
       terintegrasikan   dalam   informasi   yang   sudah   ada   atau
       menggunakan  informasi  sedemikian  rupa  sehingga  meningkatkan
       kompleksitas  pemahaman,  integrasi  dan  aplikasinya.  Dalam
       memunculkan  berbagai  kemampuan  baru  yang  tadinya  bersifat
       tersirat  menjadi  tersurat,  tersintesakan  berbagai  kemampuan
       tersebut  pada  tarat  mental  yang  lebih  tinggi  dan  melalui  berbagai
       saluran jamak yang beragam (multichannel)
       Dengan    pengetahuan   mengenai   fungsi   kerja   otak   dan
       perkembangan teori  intel1gensi  manusia tersebut,  hal yang  menJadi
       persoalan  adalah  :  bagaimana  kita  dapat  mengoptimalkan  klnerJa
       otak  untuk  'mengeluarkan'  semua  potensi  intel1gensi  dalam  din
       peserta didik. terutama di perguruan tinggi?



                                                                 65
   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82