Page 81 - Cakrawala Pendidikan
P. 81
Pendidikan Tinggi Untuk Milenium Ketiga
cepat terjadi dan menjadi bahan masukan yang berharga terhadap
pasar yang sangat kompetitif.
Pendekatan Pembelajaran: Process-Oriented
Perkembangan fenomena sosial ekonomi yang diakibatkan oleh
revolusi teknologi informasi dan komunikasi telah menyebabkan
pergeseran tuntutan pada kemampuan sumberdaya manusia.
Tuntutan tersebut sangat signifikan, baik dari aspek tuntutan pada
kecepatan beradaptasi pada perubahan maupun dari aspek
kemampuan untuk bersaing secara global. Untuk itu diperlukan
refokus dalam proses pembelajaran, dari product-oriented menjadi
process-oriented.
Proses pembelajaran yang banyak diturunkan dari paradigma
behaviorism yang secara umum diterapkan pada sistem
pendidikan nasional saat ini, menekankan pada pencapaian
produk. Competence dalam paradigma ini didefinisikan sebagai
kompetensi yang dapat didemonstrasikan dan diukur, dan
bagaimana proses pencapaian produk tersebut tidak ditekankan
sebagai sesuatu yang harus diukur (Reber dalam Belawati, 1992).
Pada prakteknya di Indonesia, penerapan konsep kompetensi
dalam paradigma ini telah melahirkan sistem pembelajaran yang
kering, yang tidak memicu neuron dalam otak manusia untuk
bekerja secara kolektif dan melahirkan kreativitas.
Kemampuan manusia global yang dituntut adalah kemampuan
untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperolehnya pada
berbagai konteks dan untuk memecahkan berbagai masalah yang
dihadapi. Kemampuan ini merupakan integrasi kemampuan
melakukan analisis, bertukar pikiran, berdiskusi, mendengarkan,
dan menyampaikan buah pikiran secara sistematis. Dengan kata
lain, kompetensi yang diperlukan adalah dalam arti luas, yaitu
kemampuan untuk memahami lingkungannya sehingga dapat
berfungsi secara produktif dalam masyarakat (Wolman dalam
Belawati, 1992). Pencapaian kompetensi 1n1 memerlukan
eksploitasi semua jenis inteligensia yang dikemukakan Gardner,
yang merupakan sintesa inteligensia pada tarat mental yang lebih
tinggi dan melalui berbagai saluran jamak yang beragam (multi
channel). lni semua hanya dapat dihasilkan dari suatu proses
69