Page 84 - Cakrawala Pendidikan
P. 84
Semwwan & Tian Belmmti
akan memperkaya substansi pembelajaran, yang pada akhirnya
akan mengoptimalkan proses kerja kognitif civitas academica PT.
Penutup
Revolusi di bidang teknologi informasi dan komunikasi telah
meningkatkan percepatan laju segala aspek kehidupan dengan
berlipat ganda. Perubahan yang serba cepat ini telah melahirkan
tuntutan-tuntutan baru yang berimplikasi pada tuntutan perubahan
sistem pendidikan, terutama pendidikan tinggi. Kemampuan
sumberdaya manusia yang dipersyaratkan pada era milenium
ketiga ini adalah manusia spesialis yang generalis yang mampu
bekerja efektif dalam keberagaman konteks dan dengan
menerapkan ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin.
Penemuan dalam bidang neuroscience dan teori kecerdasan
memperlihatkan bahwa manusia mempunyai potensi inteligensia
jamak yang dapat dilatih melalui proses pendidikan. Upaya untuk
mengoptimalkan pemberdayaan fungsi kerja otak dan penggalian
inteligensi manusia dapat dilakukan dengan perancangan
kurikulum pendidikan yang kontekstual, fleksibel, serta dengan
pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada proses.
Perancangan sistem pendidikan dengan memperhatikan hal-hal
tersebut akan menjadikan kontrak sosial antara masyarakat
dengan PT menjadi langsung dan tanpa perantara Oleh karena itu,
kualitas pendidikan akan terjaga dengan sendirinya melalui proses
evaluasi diri PT yang dipandu oleh tuntutan masyarakat. Peran
penjaminan kualitas oleh pemerintah dalam keadaan seperti itu
menjadi eksternal dan lebih bersifat konfirmatori.
Daftar Pustaka
Belawati, T. ( 1992). Defining Competence for Adults. Makalah
seminar yang tidak dipublikasikan, Department of Adult
Education, University of British Columbia, British Columbia,
Kanada.
Langenbach, M. (1988). Curriculum models in adult education.
Malabar, Florida: Robert E. Krieger Publishing.
72