Page 84 - Cakrawala Pendidikan
P. 84

Semwwan &  Tian Belmmti


          akan  memperkaya  substansi  pembelajaran,  yang  pada  akhirnya
          akan mengoptimalkan proses kerja kognitif civitas academica PT.

          Penutup
          Revolusi  di  bidang  teknologi  informasi  dan  komunikasi  telah
          meningkatkan  percepatan  laju  segala  aspek  kehidupan  dengan
          berlipat  ganda.  Perubahan  yang  serba  cepat  ini  telah  melahirkan
          tuntutan-tuntutan  baru  yang  berimplikasi  pada  tuntutan  perubahan
          sistem  pendidikan,  terutama  pendidikan  tinggi.  Kemampuan
          sumberdaya  manusia  yang  dipersyaratkan  pada  era  milenium
          ketiga  ini  adalah  manusia  spesialis  yang  generalis  yang  mampu
          bekerja  efektif  dalam  keberagaman  konteks  dan  dengan
          menerapkan ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin.

          Penemuan  dalam  bidang  neuroscience  dan  teori  kecerdasan
          memperlihatkan  bahwa  manusia  mempunyai  potensi  inteligensia
          jamak yang  dapat  dilatih  melalui  proses  pendidikan.  Upaya  untuk
          mengoptimalkan  pemberdayaan  fungsi  kerja  otak  dan  penggalian
          inteligensi  manusia  dapat  dilakukan  dengan  perancangan
          kurikulum  pendidikan  yang  kontekstual,  fleksibel,  serta  dengan
          pendekatan  pembelajaran  yang    berorientasi  pada  proses.
           Perancangan  sistem  pendidikan  dengan  memperhatikan  hal-hal
          tersebut  akan  menjadikan  kontrak  sosial  antara  masyarakat
          dengan PT menjadi langsung dan tanpa perantara  Oleh karena itu,
          kualitas  pendidikan akan  terjaga dengan  sendirinya melalui  proses
          evaluasi  diri  PT  yang  dipandu  oleh  tuntutan  masyarakat.  Peran
           penjaminan  kualitas  oleh  pemerintah  dalam  keadaan  seperti  itu
          menjadi eksternal dan lebih bersifat konfirmatori.

           Daftar Pustaka
           Belawati,  T.  ( 1992).  Defining  Competence  for  Adults.  Makalah
               seminar  yang  tidak  dipublikasikan,  Department  of  Adult
               Education,  University  of  British  Columbia,  British  Columbia,
               Kanada.
           Langenbach,  M.  (1988).  Curriculum  models  in  adult  education.
               Malabar, Florida:  Robert E.  Krieger Publishing.





           72
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89