Page 89 - Cakrawala Pendidikan
P. 89

Implikasi Penetapan PTN sebagai ...

       akan menunjuk pada ciri maupun kontent, yang perubahannya jauh
       lebih  tajam  dan  cepat  dari  perubahan-perubahan  sebelumnya.
       Komputer,  satelit  komunikasi,  fasilitas,  transport  serta  banjir
       informasi akan  menjadi ciri  dari peradaban  baru.  Lingkungan  yang
       mengembangkan  information  driven  environment  akan  menuntut
       infrastruktur yang  berbeda  pula.  Mobilitas  dari  semua  komponen
       tersebut,  terutama akan  menjadi ciri dari masyarakat di  masa yang
       akan  datang.  lni  berarti.  bahwa  tuntutan  masa  depan  yang
       dipersyaratkan mengandung  arti pemahaman serta kesiapan  untuk
       menjadi  bagian  dari  an  information  based society.  Apakah  artinya
       itu?  Keterampilan  mental  apakah  yang  terutama  menjadi  tugas
       pendidikan  yang  diperlukan  untuk  itu?  lndikator  utama  dari
       intellectual  shift  harus  menandai  sistem  kependidikan  melalui
       identifikasi   kebutuhan   populasi   beragam   untuk   dipenuhi
       berdasarkan  berbagai  aset  yang  kita  miliki.  Namun  selain  itu
       tuntutan  akuntabilitas  (keterandalan)  dari  tugas-tugas  yang
       dibebankan  kepada  pelaksana  pendidikan  dan  mereka  yang  kita
       layani,  untuk  mewujudkan  kemandirian  itu  harus  juga  mulai
       ditanamkan  secara  lugas  dalam  kehidupan  ini.  Co-creating  nilai-
       nilai  baru yang  menandai ciri-ciri transisional dan keberlangsungan
       (sustainability)  serta  perkembangan  fisik dan  mental peserta didik
       serta  pelaksana  pendidikan  untuk  membawa  keseimbangan
       kembali kepada  yang kini masih banyak  ditandai oleh kebodohan,
       keterbelakangan dan  kemiskinan,  harus  menjadi  ciri  utama  sistem
       pendidikan kita.
       Sistem  pendidikan  adalah  sub  sistem  dalam  seluruh  spektrum
       kehidupan  sosial,  yang  tidak dapat berjalan  sendiri tanpa ditunjang
       oleh  a  strong  political  will  dalam  melaksanakan  agenda  ini.  Oleh
       karena  itu,  sementara  pendidikan  berikhtiar  secara  bertahap  dan
       terfokus  agar  subyek  didik  berkembang  menjadi  individu  yang
       mandiri,  yang  mampu  beradaptasi  terhadap  perubahan  cepat
       yang terjadi di dunia,  dalam rangka  pemberdayaan  generasi muda
       menatap  masa  depan  dan  respiritualisasi  terhadap TT atau  POD
       bangsa  ini  mulai  merasuk dalam  seluruh  dimensi  kehidupan  kita,
       perguruan  tinggi  juga  sedang  "berjuang"  pada  ikhtiar  beradaptasi
       dalam  pelayanan  berbagai  "stake  holder"  sekaligus  mewujudkan
       kemandirian,  suatu  konsekuensi  dari  ditetapkannya  PTN  menuju
       BHMN.



                                                                 77
   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94