Page 87 - Cakrawala Pendidikan
P. 87

perempuan,  anak di  negara  berkembang  maupun  di  negara  maju.
      Indonesia juga akan  terkena oleh  restrukturisasi  global dunia yang
      sedang  berlangsung  meskipun  kita  sedang  mengalami  krisis
      moneter.
      Awalnya,  tujuan  perguruan tinggi adalah menyiapkan peserta didik
      menjadi anggota masyarakat yang  memiliki  kemampuan  akademik
      dan/atau  profesional  yang  dapat  menerapkan,  mengembangkan
      dan/atau  memperkaya  khasanah  ilmu  pengetahuan,  teknologi
      dan/atau  kesenian,  mengembangkan  dan  menyebarluaskan  ilmu
      pengetahuan,  teknologi  dan/atau  kesenian  serta  mengupayakan
      penggunaannya  untuk  meningkatkan  taraf kehidupan  masyarakat
      dan   memperkaya    kebudayaan    nasional.   Sejalan   dengan
      perkembangan  informasi,  perguruan  tinggi  kini  JUga  bertujuan
      mendukung  pembangunan  masyarakat  madani  yang  demokratis
      dengan  berperan  sebagai  kekuatan  moral  yang  mandiri;  mencapai
      keunggulan  kompetitif  melalui  penerapan  prinsip  pengelolaan
      sumber  daya  sesuai  dengan  asas  pengelolaan  yang  profesional.
      Secara  global  Indonesia  kini  mengalami  proses  transisi  untuk
      menuju  ke  arah  terbentuknya  masyarakat  madani  yang  lebih
      demokratis,  yang  menjunjung  tinggi  hak-hak  asasi  manusia.
      Proses   transisi   itu   sejalan   pula   dengan   kecenderungan
      internasional  pada  milenium  ketiga  ini,  yang  menghendaki
      penerapan  nilai-nilai  universal  sebagai  salah  satu  prasyarat  untuk
      dapat  bersaing  dalam  masyarakat dunia,  di  samping  peningkatan
      kemampuan sumber daya manusia (TOR,  SEMNAS 1999}.

      lsu  kritis  ini  membangkitkan  masalah  yang  amat  kompleks  dan
      tantangan berat bagi  bangsa Indonesia.  Masalah dan tantangan itu
      bukan  saja  harus  tertuju  pada  proses  pemulihan  ekonomi,  tetapi
      juga  proses  akselerasi  pembangunan  sektor  lainnya.  Kesadaran
      yang  mendalam  akan  masalah  kritis  ini  menjadi  ambang
      persyaratan yang  merupakan  titik  awal  (TT = Point of Departure  },
      dalam ikhtiar untuk menuju  pada  cita-cita  bangsa.  Tanpa  menutup
      mata  akan  adanya  kemungkinan   isu-isu  kritis  yang  lain  yang
      menyertai  ikhtiar  ini,  kontribusi  sektor  pendidikan  terhadap
      pembangunan  kehidupan  bangsa  melalui  pencerdasannya  adalah
      suatu  niat yang  bersumber  dari  refleksi  yang  mendalam  (a  deep
      inner reflection) dari kekuatan  kehidupan berbangsa.




                                                                75
   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92