Page 83 - Cakrawala Pendidikan
P. 83
Pendidikan Untuk Milenium
oleh masyarakat penggunanya. Dalam proses seperti ini, kualitas
pendidikan akan selalu terjaga. Dengan demikian, posisi
pemerintah dalam hubungan PT-masyarakat ini menjadi eksternaL
Walaupun demikian, otonomi PT dan evaluasi diri yang
dilakukannya tidak terlepas dari pantauan pemerintah selaku pihak
yang memiliki kewajiban untuk meningkatkan kemampuan bangsa.
Namun, fungsi pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional PT
atau BAN-PT dalam melakukan akreditasi PT seharusnya terutama
bersifat konfirmatoris semata.
Selain itu, untuk menjaga dan meningkatkan sinergi nasional dalam
mengembangkan kemampuan sumberdaya manusia, maka perlu
diadakan jaringan organisasi PT. Sumber belajar seharusnya tidak
terkonsentrasikan di pusat, tetapt juga tidak tersebar di unit-unit
utama, karena aset, pengetahuan dan kompetensi PT tersebar di
seluruh lembaga pada berbagai lokasi. Tidak semua unit
penyelenggara pendidikan tinggi beroperasi dalam suatu interaksi
yang memiliki kesamaan lingkungan dan sumber. Masing-masing
mempunyai berbagai peran berbeda. lntegrasi dari kesemuanya itu
berjalan bila ada kesamaan nilai (shared values) dan standar,
komunikasi horisontal, serta sosialisasi nilai.
Pembentukan jaringan PT terutama dibutuhkan untuk
mengoptimalkan pemanfaatan empat Jenis kapital input proses
pendidikan, yaitu: kapital fisik. kapital sumberdaya manusia, kapital
tnformasi, dan kapital keuangan. Peranan pemerintah dalam
menyeimbangkan pembagian keempat jenis kapital ini kepada
seluruh komponen sistem pendidikan sangat vitaL Sistem
akreditasi sebagai konfirmasi hasil evaluasi diri PT harus melihat
dan menjamin bahwa paradigma pemanfaatan bersama
sumberdaya sudah dipahami dan dilaksanakan oleh PT.
Mekanisme penjagaan kualitas yang ditekankan pada evaluasi
internal dan kemudian dikonfirmasi secara eksternal, akan
meningkatkan kesempatan terciptanya proses kreatif PT.
Sedangkan jaringan PT akan meningkatkan kesempatan kepada
individu yang terlibat dalam proses pendidikan untuk saling
berinterakst, berdiskusi. bertukar pikiran dan pengalaman. serta
berdebat secara intensif. Proses komuntkasi timbal balik antara
masyarakat dengan PT dan antara PT yang satu dengan lamnya
71