Page 83 - Cakrawala Pendidikan
P. 83

Pendidikan      Untuk Milenium

       oleh  masyarakat  penggunanya.  Dalam  proses  seperti  ini,  kualitas
       pendidikan  akan  selalu  terjaga.   Dengan  demikian,  posisi
       pemerintah  dalam  hubungan  PT-masyarakat ini  menjadi eksternaL
       Walaupun  demikian,  otonomi  PT  dan  evaluasi  diri  yang
       dilakukannya tidak terlepas dari pantauan  pemerintah selaku  pihak
       yang  memiliki  kewajiban  untuk meningkatkan kemampuan  bangsa.
       Namun,  fungsi  pemerintah  melalui  Badan  Akreditasi  Nasional  PT
       atau BAN-PT dalam melakukan akreditasi PT seharusnya terutama
       bersifat konfirmatoris semata.
       Selain itu,  untuk menjaga dan meningkatkan sinergi nasional dalam
       mengembangkan  kemampuan  sumberdaya  manusia,  maka  perlu
       diadakan jaringan  organisasi  PT.  Sumber belajar seharusnya tidak
       terkonsentrasikan  di  pusat,  tetapt  juga  tidak  tersebar  di  unit-unit
       utama,  karena  aset,  pengetahuan  dan  kompetensi  PT  tersebar  di
       seluruh  lembaga  pada  berbagai  lokasi.  Tidak  semua  unit
       penyelenggara  pendidikan  tinggi  beroperasi  dalam  suatu  interaksi
       yang  memiliki  kesamaan  lingkungan  dan  sumber.  Masing-masing
       mempunyai berbagai peran berbeda.  lntegrasi dari kesemuanya itu
       berjalan  bila  ada  kesamaan  nilai  (shared  values)  dan  standar,
       komunikasi horisontal, serta sosialisasi nilai.
       Pembentukan    jaringan   PT   terutama   dibutuhkan   untuk
       mengoptimalkan  pemanfaatan  empat  Jenis  kapital  input  proses
       pendidikan, yaitu:  kapital fisik.  kapital sumberdaya manusia, kapital
       tnformasi,  dan  kapital  keuangan.  Peranan  pemerintah  dalam
       menyeimbangkan  pembagian  keempat  jenis  kapital  ini  kepada
       seluruh  komponen  sistem  pendidikan  sangat  vitaL  Sistem
       akreditasi  sebagai  konfirmasi  hasil  evaluasi  diri  PT  harus  melihat
       dan   menjamin   bahwa   paradigma    pemanfaatan   bersama
       sumberdaya sudah dipahami dan dilaksanakan oleh PT.
       Mekanisme  penjagaan  kualitas  yang  ditekankan  pada  evaluasi
       internal  dan  kemudian  dikonfirmasi  secara  eksternal,  akan
       meningkatkan   kesempatan   terciptanya   proses   kreatif  PT.
       Sedangkan  jaringan  PT  akan  meningkatkan  kesempatan  kepada
       individu  yang  terlibat  dalam  proses  pendidikan  untuk  saling
       berinterakst,  berdiskusi.  bertukar  pikiran  dan  pengalaman.  serta
       berdebat  secara  intensif.  Proses  komuntkasi  timbal  balik  antara
       masyarakat  dengan  PT  dan  antara  PT yang  satu  dengan  lamnya


                                                                 71
   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88