Page 73 - Cakrawala Pendidikan
P. 73

Pendidikan      Untuk Milenium


            Today's    production   methods,     communication
            technologies,  perceptions  of  problems  and  problem
            solving  strategies  can  be  overdue  and  obsolete
            tomorrow  (Bardmann  &  Franzpotter  dalam  Peters,
            1999,  hal.  5).
        Demikian   pula,   proses   globalisasi   yang   mengakibatkan
        restrukturisasi  dunia  disertai  banjir  informasi  ini  telah  berdampak
        pula  terhadap  kehidupan  nyata.  Persaingan  tenaga  kerja  dengan
        keahlian  yang  sama tidak  lagi terbatas  pada  sumberdaya manusia
        yang  ada  di  daerah  yang  sama,  tapi  datang  dari  segala  penjuru
        dunia.  Kita  adalah  bagian  dari  masyarakat  informasi  (information
        based society).
        Information  based society  ini  memberikan  petuang  kepada  setiap
        individu  untuk  berpartisipasi  (participation  opportumties)  dan
        meningkatkan  produktivitas.  sehingga dapat berkontribusi terhadap
        perkembangan  keluarga,  masyarakat,  dan  bangsa.  Hal  ini  bukan
        saja  mencakup  kesempatan  sekolah,  melainkan  juga  bekerja,
        terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan politik,  serta melindungi
        lingkungannya.  Peluang  berpartisipasi  juga  memiliki  rentangan
        perangkat  dan  situasi  yang  berbeda  antara  satu  daerah  dengan
        daerah  lain,  serta antara  satu  tempat dan  lembaga dengan  tempat
        dan  lembaga  lain.  Sehingga  pertanyaan  bagi  dunia  pendidikan
        adalah:  komponen  serta  kemampuan  apa  yang  dipersyaratkan
        untuk dapat bertahan dan produktif dalam masyarakat seperti itu?


        Kemampuan manusia yang dipersyaratkan
        Pengembangan  kemampuan  manusia  atau  Human  Capacity
        Development  (HCD)  adalah  hasil  interaksi  antarindividu  dan
        masyarakat  yang  memiliki  peluang  berpartisipasi.  Perkembangan
        kemampuan  manusia  terkait  erat  dengan  peluang  berpartisipasi
        karena  mewakili  perangkat  masukan         of  input)  yang
        menumbuh-kembangkan  kemampuan  man usia.  I ni  dapat diartikan
        sebagai  keseluruhan  peluang  partisipasi  yang  dapat  diraih  oleh
        individu  dan  masyarakat.  dan  bahkan  dapat  menciptakan  peluang
        partisipasi  baru  yang  bermakna  bagi  orang  lain.  Artinya,  peluang
        terkait  secara  khusus  dengan  konteks  tertentu  (context  specific)
        seperti  dengan  masalah  Jems  kelamm.  rakyat  dr  daerah  terpencrl.


                                                                  6!
   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78