Page 47 - Cakrawala Pendidikan
P. 47

Pendidikan Setelah Era Orde Baru


       mungkin  ratusan  proyek  yang  dimunculkan,  yang  antara  lain
       berhubungan  dengan  pekerjaan  cetak  mencetak,  tatar-menatar,
       lokakarya,  pertemuan  konsultasi  dan  konsolidasi,  pembelian  alat,
       evaluasi dan penelitian,  uji coba,  dan sebagainya ...  yang tentu  saja
       menguras  tenaga,  pikiran  dan  dana  yang  besar,  serta  menyita
       waktu  berkepanjangan  yang  tidak  perlu.  Jika  kita  cermati  secara
       tulus,  pendekatan  proyek  yang  dianut  se/ama  ini,  lebih  banyak
       mengundang keceriaan,  kemeriahan  atau  !Jiruk-pikuk pihak-pi!Jak
       yang  jauh  dari  dan  bahkan  bukan  pelaku  pendidikan  yang
       sebenarnya.  Keceriaan,  seba/iknya, jarang turun pada sasaran dan
       pe/aku  pendidikan  yang  berada  diujung  tombak,  yaitu  sekolah,
       ke/as,  kepa/a seko/ah,  guru dan mund
       Pembaharuan pendidikan  kita ibarat riuh-rendahnya lalu lintas air di
       Sungai    Kapuas;   menggejolakkan    permukaan     air   dan
       menghantarkan  riak  dan  buihnya  ketepian  sungai  sepanjang  siang
       dan  malam  hari.  Namun  samasekali  tidak  menghantarkan  getaran
       dan  sentuhan  yang  bermti  bagi  penghuni  dan  benda  yc;ng  ada  di
       bawah  permukaannya.
       Sebagian  langkah  dalam  pembaharuan  pendidikan  yang  pernah
       kita  tempuh  di  masa  lalu,  mengingatkan  penulis  tentang  ceritc:
       seorang  yang  sedang  mabuk.  Suatu  malam  yang  kelam.  1a
       kehilangan  sebuah  mata  uang  logam  yang  sangat  bernilai  historis
       baginya  Koin  itu  sesungguhnya  terjatuh  di  kawasan  yang  tidak
        berlampu.  Ketika  sadar  koinnya  itu  hiiang,  dengan  sibuknya  ia
       mencari koin  itu  di  tempat yang  terang-benderang,  di  bawah  lampu
       jalanan  (walaupun  dalam  hatinya  ia  menduga  koin  itu  terjatuh  di
       tempat yang  kelam).  Tentu  saja  ia  tak akan  pernah  bersua dengan
        koinnya yang  bernilai sejarah itu.

        Sarah  Delamon,  mengibaratkan  rahasia  pendidikan  itu  bak sebuah
        "black  box"  bagi  sebuah  pesawat  terbang.  Kalau  ingin  tahu
        mengapa  sebuah  pesawat  terbang  mengalami  kecelakaan.  maka
        salah  satu  sumber  informasi  yang  amat  penting  adalah  yang
        tersimpan  dalam  kotak  hitam  tersebut.  ldentik  dengan  itu,  kalau
        ingin  mengetahui  mengapa  mutu  pendidikan  rendah,  maka
        sebagian  besar  rahasianya  berada  di  sekolah  dan  ruang  kelas.
        Menurut  Delamon,  sekolah  dan  kelas  adalah  kotak  hitamnya
        pesawat pendidikan.


                                                                 35
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52