Page 51 - Cakrawala Pendidikan
P. 51

Pendidikan Setelah Era Orde Barn

        mandiri  dan  bukan  sebaliknya.  Karena  itu,  desentralisasi
        kewenangan  pemerintah  merupakan pilihan  yang  tepat dan
        harus,   sehingga   pemerintah    pusat   dapat   lebih
        berkonsentrasi  pada  upaya  meningkatkan  daya  saing  dan
        kerjasama    dikancah   pergaulan   internasiona/   dan
        globalisasi".

     Bagaimana Garis Besar Desentralisasi dan Otonomi
     Pendidikan?
     Makna  garis  besar  desentralisasi.  sesungguhnya  adalah   tidak
     lebih  dari  kehendak  untuk  memperjelas  pembagian  wewenang:
     yaitu  wewenang  mana  yang  tetap  berada  di  pusat,  mana  yang
     harus diserahkan ke  daerah,  dan  mana pula yang  ditangani secara
     kooperatif,  koordinatif.  dan konsultatif antara pusat dan daerah.
     Berikut   1n1   penulis  menawarkan  sebuah   segitiga   kembar
     desentralisasi pendidikan.
     Segitiga ini hanya menggambarkan isu  pokok desentralisasi.

                 SEGITIGA KEMBAR DESENTRALISASI
                             PENDIDIKAN
                                 PUSAT
      A.                                               B
         *"watch dog" equity dan keadilan sosial             c·
         * mempersempit disparitas pelayanan
           pendidikan
         * mempromosikan konsistensi,  koherensi dan
           relevansi
         * meningkatkan daya saing  pendidikan
           regional & internasional


                                  *  rekrutmen tenaga
                                  *  pengadaan sarana dan prasarana
                                  *  pengembangan dan pelatihan staf
                                  *  implementasi kegiatan pendidikan,
                                    pengaJaran
       c
                               DAERAH
          B'
       A'



                                                               39
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56