Page 51 - Cakrawala Pendidikan
P. 51
Pendidikan Setelah Era Orde Barn
mandiri dan bukan sebaliknya. Karena itu, desentralisasi
kewenangan pemerintah merupakan pilihan yang tepat dan
harus, sehingga pemerintah pusat dapat lebih
berkonsentrasi pada upaya meningkatkan daya saing dan
kerjasama dikancah pergaulan internasiona/ dan
globalisasi".
Bagaimana Garis Besar Desentralisasi dan Otonomi
Pendidikan?
Makna garis besar desentralisasi. sesungguhnya adalah tidak
lebih dari kehendak untuk memperjelas pembagian wewenang:
yaitu wewenang mana yang tetap berada di pusat, mana yang
harus diserahkan ke daerah, dan mana pula yang ditangani secara
kooperatif, koordinatif. dan konsultatif antara pusat dan daerah.
Berikut 1n1 penulis menawarkan sebuah segitiga kembar
desentralisasi pendidikan.
Segitiga ini hanya menggambarkan isu pokok desentralisasi.
SEGITIGA KEMBAR DESENTRALISASI
PENDIDIKAN
PUSAT
A. B
*"watch dog" equity dan keadilan sosial c·
* mempersempit disparitas pelayanan
pendidikan
* mempromosikan konsistensi, koherensi dan
relevansi
* meningkatkan daya saing pendidikan
regional & internasional
* rekrutmen tenaga
* pengadaan sarana dan prasarana
* pengembangan dan pelatihan staf
* implementasi kegiatan pendidikan,
pengaJaran
c
DAERAH
B'
A'
39