Page 53 - Cakrawala Pendidikan
P. 53

Pendidikan Setelah Era Orde Barn


       Pemeni~Itah daeran hcHU5  usu<.:l iMII wt::wenang  yang  1eo1h  luas dan
       beragam  namun  juga  lebih  teknis  dan  spesifik,  khususnya  yang
       berhubungan  dengan  pendiaikan  Jenjang  persekolahan  Uenjang
       pendidikan  tinggi  sebaiknyo  .2bii 1 ban yak  menjadi  wewenang  dan
       tanggung-jawab  pemerintah  pusat).  Kewenangan  itu  terutama
       dalam merekrut tenaga  pengaJa•  dan  staf.  pengadaan  sarana  dan
       prasarana,  pengembangan  dan  pelatihan  staf,  serta  implementasi
       kegiatan pendidikan dan  pen~ajaran.
       Perlu  dicatat,  semua  kewenangan  itu  haruslah  dikaitkan  dengan
       niat  untuk  memperbesar  du'<ungan  paaa  sekolah,  kelas,  kepala
       sekolah,  guru  dan  murid.  f)engan  demikian,  terjadilah  proses
       pendidikan  dan  pembelajaran  pada  tingkat  sekolah  dan  kelas
       secara lebih efektif dan efisien
       Kerjasama  pusat  dan  daerah  terutama  diperlukan  dalam
       melakukan  fungsi  kontrof  kuafitas.  Dalam  pengembangan
       kurikulum  misalnya,  pemerintah  pusat  dan  daerah  bekerjasama
       dalam mengembangkan "Curriculum Statements dan  Profiles' atau
       "CSP".  Selanjutnya  daerah  menggunakan  "CSP"  itu  untuk
       menjabarkannya  menjadi  "curriculum  in  action",  yang  lebih
       kontekstual  dengan  daerahnya.  Murid-murid  perlu  mengenal
       daerahnya  dengan  baik  melalui  pelajaran  sejarah  dan  geografi
       lokal,  olahraga,  seni dan  budaya daerah,  serta obyek pariwisata di
       daerah  itu.  Dengan  pendekatan  seperti  ini,  diharapkan  akan
       tumbuh  kemampuan  untuk  mengenal  dan  menggali  potensi
       daerah.  Kreativitas  untuk  membaca  dan  memanfaatkan  peluang
       serta  memberikan  "nilai  tambah"  terhadap  kekayaan  daerah  juga
       dapat berkembang dengan baik.

       Untuk  bidang  studi  yang  bersifat  universal  seperti  matematika,
       sains dan  bahasa.  termasuk  bahasa  lnggris,  dapat dikembangkan
       secara nasional.
       Untuk menjaga mutu pendidikan secara nasional, maka pemerintah
       pusat  dan  daerah  bekerjasama  dalam  mengembangkan  sistem,
       prosedur dan penilaian  pendidikan.  Dengan demikian kewenangan
       pusat  dan  daerah  dapat  berinteraksi  secara  berkesinambungan,
       melalui proses dialog dan  kompromi  yang  serasi,  kritis,  tetapi juga
       produktif dan konstruktif.



                                                                 41
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58