Page 58 - Cakrawala Pendidikan
P. 58
Joko Purwanto
dengan manajerial, profesional dan teknik. (Castells;1997a.). Jenis-
jenis pekerjaan tnt menekankan pentingnya komponen
pengetahuan, sains, dan keahlian. (Castells;1997a.).
Crawford ( 1991) menjelaskan secara lebih rinci ciri-ciri masyarakat
pasca kapitalis yaitu:
PARADIGMA SISTEM SOSIAL SISTEM EKONOMI
Pengetahuan dasar: Nilai-nilai sosial: 1 Ekonomi global yang
Eiektronik kuantum. biologi Menekankan pada i terintegrasi yang
molekul, ilmu lingkungan. keanekaragaman. I memusatkan kegiatan
persamaan dan ekonomi pada
I indrvidualisme. penyedraan layanan
Jasa-jasa yang
berpengetahuan
(knowledge services).
Ide-ide Pokok: Pendidikan: Pemisahan produsen dan
Manusia drpandang Semakin konsumen semakin
melakukan transformasi dan tenndividualisasi kabur.
periumbuhan secara (tndtvidualized) dan Kegiatan ekonomi I
berkesinambungan (berpik:r berke!an;utan. sernakrn terpusat pada
denganmenggunakan usaha berska!a kecii yang
keseluruhan otak); dihubungkan dengar.
Sistern nilai menekankan organisasi jaringa:;.
pada otonomi individu Scmbe' do yo ""m' J'
daiam masyarakat yang I
terdesentralisasL adalah IJUman capital
feminisme akan
menjaai daminan
Pada masyarakat pasca kapitalis telah terjadi pergeseran cara
pengorganisasian pekerJaan dan pergeseran kondisilsifat
pekerjaan (nature of work) . Pekerjaan akan diorganisir pada tim-
tim kecil (molecularization) yang dihubungkan dengan jaringan
(integration). terjadi penguatan peranan individu dalam organisasi,
(Tapscott; 1996) dengan sumber day a utamanya adalah
pengetahuan, informasi, kepemilikan intelektual, dan pengalaman
(Stewart 1997).
Dari berbagai pendapat tersebut jika dtsimpulkan maka ciri
mendasar dari masyarakat pasca kapitalis adalah penekanan pada
peranan individu dan pengakuan akan kemampuan individu dalam
melakukan transformasi dan pertumbuhan secara berkelanjutan.
46