Page 62 - Cakrawala Pendidikan
P. 62

Jolco Purwanto


         Lebih  lanjut  Mastuhu  (1997)  mengemukakan  bahwa  problem  lain
         yang dihadapi oleh Indonesia adalah:

         o   Masih  adanya  dualisme  sistem  pendidikan,  yang  membagi
             pendidikan  menjadi  dua  jalur  misalnya  pendidikan  umum
             dengan  pendidikan  agama,  pendidikan  tradisional  dengan
             pendidikan modern.
         o   Pendidikan  Indonesia  terkesan  lebih  menekankan  pada  bobot
             pelatihan  dibandingkan dengan  bobot akademisnya.  Akibatnya
             peserta  didik  kurang  dirangsang  untuk  memahami  metodologi
             balk  metodologi  ilmu  maupun  metodologi  penelitian  sehingga
             terkesan mereka hanya menjadi "penghafal" saja.

         o   Penekanan pada hasil bukan proses,  kurang  menghargai etika,
             norma dan etas kerja.  Mastuhu.
         o   Hal  lain  yang  tidak  kalah  peliknya  adalah  adanya  berbagai
             bentuk  penyeragaman,  balk  berupa  kurikulum.  pakaian,
             metode    pendidikan,   dan   budaya   sekolah.   Metode
             penyeragaman  ini  telah  mengmgkari  kebhinekaan  etnis  dan
             budaya Indonesia.

         Menyongsong  millenium  ketiga  yang  tinggal  beberapa  saat  lagi
         nampaknya  ada  tugas  berat  yang  harus  dilaksanakan  oleh  dunia
         pendidikan  Indonesia,  yaitu  menyiapkan  SDM  untuk  memasuki
         millenium  ketiga  yang  memiliki  karakteristik  yang  berbeda  dengan
         millenium kedua.  Masalah besar lainnya adalah bahwa mulai tahun
         2003  Indonesia  memasuki  era  perdagangan  bebas  ASEAN
         (AFTNAsean Free  Trade Area),  kemudian  pada tahun 2020 sudah
         diberlakukan Asia Pacific Economics Community (APEC).

         Oengan asumsi bahwa tugas pendidikan adalah menc1ptakan  SOM
         agar  lebih  mampu  beradaptasi  dengan  lingkungannya  maka  ada
         sejumlah  persoalan  besar  yang  perlu  dipecahkan.  Persoalan-
         persoalan tersebut antara lain:
         o   Meningkatkan kualitas lulusan;
         o   Menyeimbangkan penawaran dan permintaan tenaga kerja;

         o   Meningkatkan keterjangkauan pendidikan.




         50
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67