Page 62 - Cakrawala Pendidikan
P. 62
Jolco Purwanto
Lebih lanjut Mastuhu (1997) mengemukakan bahwa problem lain
yang dihadapi oleh Indonesia adalah:
o Masih adanya dualisme sistem pendidikan, yang membagi
pendidikan menjadi dua jalur misalnya pendidikan umum
dengan pendidikan agama, pendidikan tradisional dengan
pendidikan modern.
o Pendidikan Indonesia terkesan lebih menekankan pada bobot
pelatihan dibandingkan dengan bobot akademisnya. Akibatnya
peserta didik kurang dirangsang untuk memahami metodologi
balk metodologi ilmu maupun metodologi penelitian sehingga
terkesan mereka hanya menjadi "penghafal" saja.
o Penekanan pada hasil bukan proses, kurang menghargai etika,
norma dan etas kerja. Mastuhu.
o Hal lain yang tidak kalah peliknya adalah adanya berbagai
bentuk penyeragaman, balk berupa kurikulum. pakaian,
metode pendidikan, dan budaya sekolah. Metode
penyeragaman ini telah mengmgkari kebhinekaan etnis dan
budaya Indonesia.
Menyongsong millenium ketiga yang tinggal beberapa saat lagi
nampaknya ada tugas berat yang harus dilaksanakan oleh dunia
pendidikan Indonesia, yaitu menyiapkan SDM untuk memasuki
millenium ketiga yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan
millenium kedua. Masalah besar lainnya adalah bahwa mulai tahun
2003 Indonesia memasuki era perdagangan bebas ASEAN
(AFTNAsean Free Trade Area), kemudian pada tahun 2020 sudah
diberlakukan Asia Pacific Economics Community (APEC).
Oengan asumsi bahwa tugas pendidikan adalah menc1ptakan SOM
agar lebih mampu beradaptasi dengan lingkungannya maka ada
sejumlah persoalan besar yang perlu dipecahkan. Persoalan-
persoalan tersebut antara lain:
o Meningkatkan kualitas lulusan;
o Menyeimbangkan penawaran dan permintaan tenaga kerja;
o Meningkatkan keterjangkauan pendidikan.
50