Page 64 - Cakrawala Pendidikan
P. 64
Joko Punuanto
empowerment adalah tindakan yang paling sulit namun merupakan
faktor yang paling menentukan.
Perpaduan dan ket1ga strategi tersebut akan men1mbulkan smergi.
karena dari sisi politik, dana, akademik, maupun manajemen
pelaksanaan programnya telah melibatkan pihak-pihak yang
berkepentingan untuk berperan serta secara aktif. Praktek-praktek
yang berlangsung sampai saat ini. strategi community
empowerment kurang memperoleh perhatian. Beberapa kebijakan
yang berkaitan dengan strategi community empowerment malahan
memiliki ekses yang kearah yang kurang diharapkan. Pelibatan
dunia usaha dalam bentuk partnership dengan dunia pendidikan
terkesan basa-basi. lalu pembentukan Persatuan Orang Tua Murid
dan Guru (POMG) ~.urang mampu menyentuh suara mayoritas
orang tua murid POMG seolah-olah hanya alat sekolah untuk
melegitimasi keputusan sekolah.
Salah satu contoh kebijakan yang bertujuan melibatkan
masyarakat da!am pengelolaan pendidikan adalah PP No.61/1999
tentang Penetapan Perguruan Tinggi sebagai Badan Hukum. PP
ini memberikan keleluasaan kepada perguruan tinggi untuk
mengelola lembaganya secara otonom. baik dari segi pendanaan,
akademik, maupun pengelolaannya. Pelaksanaan PP ini akan
kurang efektif jika tidak diikuti dengan adanya suatu policy yang
mengatur tatanan kelembagaan yang melibatkan masyarakat
dalam formulasi, implementasi dan evaluasi kebijakan-kebijakan
perguruan tinggi negeri (PTN). PTN sebagai lembaga publik harus
memberikan hak kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif
didalamnya, sehingga misi PTN sebagai perguruan tinggi yang
mengemban misi politik tidak akan dikalahkan oleh logika-logika
ekonomi.
Pada level mikro, di samping peningkatan kualitas tenaga
pengajar, hal yang tidak kalah penting adalah penyempurnaan
kurikulum.
52