Page 67 - Cakrawala Pendidikan
P. 67
Problematika dan
tentunya akan menjadi suatu sinergi dalam meraih daya saing
secara internasional.
Meningkatkan Keterjangkauan Pendidikan
Dalam tulisan ini keterjangkauan (accessible) dapat diartikan
sebagai suatu kondisi dimana sebuah program pendidikan
memungkinkan untuk diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat.
Kemungkinan ini dapat dilihat dari segi biaya, jarak geografis,
teknologi, waktu dan usia. Tugas pemerintah adalah menyediakan
program-program pendidikan yang dapat diakses oleh semua
golongan masyarakat.
Jika menggunakan logika ekonomi pasar, maka tugas pemerintah
adalah menyediakan layanan pendidikan yang tidak disediakan
oleh swasta. Oleh sebab itu tugas pemenntah adalah menyediakan
layanan pendidikan yang seharusnya ada namun secara ekonomis
tidak menguntungkan, sehingga lembaga swasta akan
menghindarinya. Kelemahan dari logika ekonomi pasar adalah
pada kualitas, karena pendidikan memerlukan investasi yang
besar, ada kemungkinan pemerintah hanya akan memberikan
anggaran yang minimal untuk bidang pendidikan. Akibatnya adalah
kualitas lulusan sekolah-sekolah milik negara akan terabaikan.
Logika kedua adalah logika entrepreneur Pemerintah akan
mendirikan sekolah negeri, namun sekolah tersebut kemudian
dikompetisikan langsung dengan pesaing-pesaingnya yang d1mil1ki
dan dikelola oleh lembaga swasta. Secara kelembagaan ini akan
mendorong para pengelola dan organisasi sekolah negeri untuk
lebih inovatif dan kreatif dalam mengembangkan program-program
pendidikannya.
Namun kedua strategi tersebut harus didukung oleh penyediaan
dana yang cukup dari pemerintah dan swasta. Kredit-kredit
pendidikan yang sifatnya soft loan perlu dipikirkan kembali.
Pemerintah perlu mendorong lembaga-lembaga swasta untuk
memberikan bea siswa kepada siswa yang berprestasi tinggi. Di
samping itu program bea siswa yang sekarang sudah berjalan
perlu diperluas lagi.
55