Page 65 - Cakrawala Pendidikan
P. 65

Arah  kurikulum  yang  baik  adalah  kurikulum  yang  mampu
       mengikuti:
       o  Perubahan demografi;
       o   lnovasi teknologi;
       o  lnovasi sosial;
       o  Pergeseran mlat budaya:
       o  Pergeseran ekolog1; dan
       o  Pergeseran ide dan informasi. (United Notion Development
           f'rogram scpcrti dikutip olch  Ibrahim dalam  r<ahardjo (ed),  1997).

        Perpaduan  antara  kurikulum,  tenaga  pengajar,  proses  belajar,  dan
       teknologi  pendidikan  diharapkan  mampu  menghasilkan  lulusan
       yang  berkualitas.  Pada  masa  mendatang  diharapkan  Julusan
       lembaga pendidikan memi!iki :
       o  Kemampuan untuk melakukan transformasi;
       o  Kemampuan metodologis;
        o  Keteramptlan sosial;
        o  Kesepakatan terhadap sejarah;
        ::J   Kemampuan dan kesadaran yang kritis;
        o  !magi nasi (refleksi) dan pandangan ke  depan. ( Diadaptasi dari
           lbrnhim  1997).

        Menurut  (DePorter  dan  Hernacki,  1999).  kurikulum  yang  mampu
        mendorong  keterampilan  logis  dan  intuitif  adalah  kunkulum  yang
        merupakan kombtnast  dan tiga  unsur yaitu  keteramptlan  akademts.
        prestasi fisik dan keterampilan dalam hidup.

        Dengan  demikian  kualitas  lulusan  yang  tinggi  hanya  dapat
        dihasilkan  oleh  adanya  integrasi  yang  terpadu  antara  kekuatan
        kurikulum.   tenaga   pengajar,   instttusi   penyelenggara   dan
        masyarakat  sebagai  konstituens.  Dengan  demiktan  pemerintah
        perlu  mengurangi  peranannya  dan  lebih  memberikan  kesempatan
        kepada  sekolah  dan  masyarakat  untuk  merumuskan  kebutuhan-
        kebutuhannya sendiri.







                                                                  53
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70