Page 65 - Cakrawala Pendidikan
P. 65
Arah kurikulum yang baik adalah kurikulum yang mampu
mengikuti:
o Perubahan demografi;
o lnovasi teknologi;
o lnovasi sosial;
o Pergeseran mlat budaya:
o Pergeseran ekolog1; dan
o Pergeseran ide dan informasi. (United Notion Development
f'rogram scpcrti dikutip olch Ibrahim dalam r<ahardjo (ed), 1997).
Perpaduan antara kurikulum, tenaga pengajar, proses belajar, dan
teknologi pendidikan diharapkan mampu menghasilkan lulusan
yang berkualitas. Pada masa mendatang diharapkan Julusan
lembaga pendidikan memi!iki :
o Kemampuan untuk melakukan transformasi;
o Kemampuan metodologis;
o Keteramptlan sosial;
o Kesepakatan terhadap sejarah;
::J Kemampuan dan kesadaran yang kritis;
o !magi nasi (refleksi) dan pandangan ke depan. ( Diadaptasi dari
lbrnhim 1997).
Menurut (DePorter dan Hernacki, 1999). kurikulum yang mampu
mendorong keterampilan logis dan intuitif adalah kunkulum yang
merupakan kombtnast dan tiga unsur yaitu keteramptlan akademts.
prestasi fisik dan keterampilan dalam hidup.
Dengan demikian kualitas lulusan yang tinggi hanya dapat
dihasilkan oleh adanya integrasi yang terpadu antara kekuatan
kurikulum. tenaga pengajar, instttusi penyelenggara dan
masyarakat sebagai konstituens. Dengan demiktan pemerintah
perlu mengurangi peranannya dan lebih memberikan kesempatan
kepada sekolah dan masyarakat untuk merumuskan kebutuhan-
kebutuhannya sendiri.
53