Page 60 - Cakrawala Pendidikan
P. 60
Joko Purwanto
diperlukan keterlibatan emosi dan intuisi yang lebih besar dalam
memandang dunia. Mereka berupaya menjelaskan pentingnya
lebih memfungsikan otak kanan yang memiliki kemampuan berpikir
secara acak, tidak teratur, intuitif, dan holistik. Realitas masa kini
tidak cukup hanya dihadapi dengan aka! saja tetapi juga perlu
didampingi oleh potensi manusia yang lain yang tersimpan di
belahan otak kanan (De Porter dan Hernacki. 1 999). Lebih ian jut
Porter dan Hernacki menyatakan bahwa cara belajar perlu
didekontruksi. Hal mendasar yang perlu ditekankan adalah bukan
pada belajar itu sendiri tetapi pada belajar bagaimana cara belajar
(learning how to learn). Tujuannya adalah untuk memberikan bekal
agar para peserta didik memiliki kemampuan yang cukup dalam
menyerap informasi rnengolah dan membuat keputusan secara
mandiri.
Tantangan Bagi Indonesia
Bagaimana sebaiknya Indonesia menyikapi perubahan lingkungan
yang begitu cepat dan semakin sulit diramalkan?. Mampukah
kebijakan pendidikan di Indonesia mengantarkan masyarakat
memasuki millenium ketiga?
Jika kemampuan dalam melakukan kegiatan sosial dan ekonomi
digunakan sebagai ukuran nampaknya kebijakan pendidikan yang
dilaksanakan selama Orde Baru kurang menunjukkan hasil yang
menggembirakan. Lulusan SMP, SMA dan Perguruan tinggi kurang
mampu diserap oleh pasar tenaga kerja. Kecenderungan
oversupply ini terjadi dari tahun ke tahun dengan tingkat
kesenjangan antara penawaran dan permintaan yang semakin
melebar. Kemudian data tentang perbandingan penawaran dan
permintaan lulusan perguruan tinggi adalah sebagai berikut:
48