Page 59 - Cakrawala Pendidikan
P. 59
Selanjutnya individu tersebut akan memproduksi pengetahuan dan
kemudian membangun jaringan dengan ind1vidu lainnya sampai
akhirnya terbangun suatu Janngan antar kelompok.
Apa Dampak Perubahan Tersebut Terhadap Kehidupan
Manusia?
Perubahan perubahan tersebut telah meningkatkan kompleksitas
,mgkungan. Variabel-variaoe! yang mempengaruhi lingkungan
bertambah banyak dan semakin rum1t hubungannya. Pola-pola
berpikir linear dan semc.ta-n1ata mcngc;·lc:ic"lkan logika sudah
kurang relevan lagi. Untuk r;:::·!T.3ilal: ;.;c=;ubat1a11 yang semakin
kompleks, rumit dan d kar suatu pergeseran
paradigma (metanoia) dalam berpikir (S:or~ge 1
in1 diperlukan sebab paradigma modern1sme sudah kurang relevan
lagi untuk memandang perkembangan dun1a yang semakin acak
dan cepat.
Tantangan Dunia Pendidikan
Perubahan e!emen-elemen lingkungan yang berlangsung dengan
cepat menyebabkan informasi cepat menjadi tidak relevan. Hal ini
berdampak besar pada sektor pendidikan. Keterampilan-
keterampilan yang diajarkan kepada peserta didik dengan cepat
akan ketinggalan jaman, karena kurang mampu lagi digunakan
untuk memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapinya.
Sementara itu perubahan lingkungan menjadi semakin sulit
diprediksi arahnya. lni menjadi tantangan baru bagi dunia
pendidikan. Pendidikan yang menekankan pada
teknis, cara berpikir yang sistematis dan hanya bergerak pada level
konkrit perlu diberikan muatan tambahan yang lebih bernuansa
postmodernisme yang menekankan pada keterampilan berpikir
acak, reflektif, dan bebas.
Beberapa karya yang pernah menjadi masterpiece seperti
Emotional Intelligent. The Fifth Discipline, Leadership and The
NewScience, The Seven Habits of The Highly Effective People,
Intellectual Capital dan of The Mind dapat disebut sebagai
sebagian karya yang telah membukakan suatu cara pandang baru
terhadap l!ngkungan. Ide dasar dan pemikiran tersebut adalah
47