Page 50 - Cakrawala Pendidikan
P. 50

Aria


           kita  percayakan  untuk  mengungkapkan  rahasia  mutu  pendidikan.
           Dengan  dukungan  seperti  itulah.  baru  dapat  kita  harapkan
           peningkatan "AL T"  dan  antusiasme  guru  gun a  meningkatkan  mutu
           pendidikan.

          Mengapa Desentralisasi?
           Harapan  yang  diletakkan  pada  desentralisasi  dan  otonomi  daerah
           sungguh  amat  menjanjikan.  Tentu  saJa  kata  desentralisasi  tidak
           serta-merta   menjadi  "panacea"  atau   obat  mujarab  untuk
           membangun sistem pendukung pendidikan dengan krucut normal.

           Sebagaimana  diingatkan  oleh  Prof Dr  Santoso  S  Hamidjojo
           (Med1a  lndones1a  - On  Line,  25  Agustus  1999),  prinsip  utama
           otonomi  daerah  di  ranah  pendidikan  harus  mengacu  pada
           kepentingan  dengan  ti!ik  tumpu  peserta  didik  dan  rakyat.  Aturan
           mainnya  harus  Jelas,   bukan  sekedar  desentraiisasi  tanpa
           sentralisasi.

           Besarnya  harapan  yang  digantungkan  pada  desentralisasi  untuk
           mengubah wajah  Indonesia,  termasuk WaJah  pendid1kan  kita  dapat
           juga  disimak  dari  ceramah  Prof.Dr.Ryaas  Rasyid  pada  Rakernas
           Depdikbud,  Mei  1999.  lsi  ceramah  itu  penulis  sarikan  sebagai
           berikut.
              "Era  globalisasi  akan  mengubah  pola  interaksi  antara
              manusia,  manusia  dengan  organisasi,  dan  antar organisasi.
              Kompetesi tidak dapat lagi dibendung oleh pemerintah pusat
              datam  derajad  yang  tinggi.  lndividu  dan  organisasi  akan
              memutuskan banyak hal atas dasar kepentingan  hidup atau
              mali.  lndividu  dan  organisasi  dituntut  untuk  hidup  secara
              kreatif,  responsif  dan  inovatif.  Kreatif  agar  mencari  cara
              terbaik  untuk  "survive".  Responsif  agar  individu  dan
              organisasi mendapatkan sumber daya  terbaik.  lnovatif agar
              individu  dan  organisasi  bertindak  secara  lebih  efektif  dan
              efisien.   Pemerintah  pusat  bertanggung  jawab  untuk
              menciptakan  kondisi  kreatif,  responsif  dan  inovatif  dengan
              cara  memberdayakan  individu  dan  organisasi  masyarakat.
              Cara  yang  terbaik  untuk  pemberdayaan  itu  adalah  dengan
              menciptakan   sistem   yang   mendorong   individu   dan
              masyarakat  untuk  berani  mengambil  keputusan  secara



           38
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55