Page 52 - Cakrawala Pendidikan
P. 52
Aria
Segitiga ABC dan A 'B'C' masing-masing menggambarkan
kawasan, keluasan, keda!aman dan bentuk wewenang pusat dan
daerah. Sudut A dan A' masing-masing menggambarkan
kewenangan pusat dan daerah yang relatif independen. Sudut
B'C menggambarkan, dalam menyusun kebijakan strategis
daerah, pemerintah daerah perlu berkoordinasi dan berkonsultasi
dengan pemerintah pusat Sedangkan sudut BC' menggambarkan,
da:am merumuskan kebijakan strategis pusat, pemerintah pusat
periu r.lengikut·sertakan pemerintah daerah. Sudut BC' juga
menggarnbarkan kernungkinan adanya pmses dekonsentrasi,
yaitu adanya pelimpaftan sebagian wewenang pusat kepada
daera!l Segitiga kembar itu secara fiiosofis ingin menggambarkan
bJhwa antara peme(nta'· pusat dan daerah ada!ah ''two in one".
1/Valaupun masing-mc.sin;; merr:punyai kewenangan yang re!atif
independen. n2mun keduanya mas;h dalam be;;tuk dan terikat
dengan asas kesatu8n dan persatuan
Bagaimana aplikasinya dalam bidang pendidikan?
Secara garis besar. wewenang pemerintah pusat hendaknya
terfokus pada upaya untuk menJaga ter!aksananya asas "equity
dan keadilan sosiaf", ya1tu Keadiian untuk mendapatkan
pendidikan bag1 setiap warga negara Dalam praktek. Jlka n~11sainya
terjad1 kesenJangan pendidikan yang besar, baik dalam akses
maupun mutu, maka pemerintah pusat bertanggung-jawab untuk
mempersempit disparitas itu Upaya itu antara lain menyalurkan
dana penyeimbang, mengirimkan tenaga ahli a tau bantuan teknis
lainnya yang diperlukan oleh daerah tersebut.
Pemerintah pusat juga harus bertanggung-jawab untuk
mempromosikan konsistensi, koherensi dan relevansi
pendidikan. Dengan demikian, pendidikan yang bercirikan dan
berkepentingan nasional tetap menonjol, tanpa menghambat
daerah untuk mengetengahkan ciri daerar1 mereka masing-masing.
Pemerintah pusat juga harus berupaya untuk meningkatkan daya
saing pendidikan Indonesia di kancah gfobafisasi melalui
kerjasama bilateral, regional, dan internasional.
40