Page 44 - Cakrawala Pendidikan
P. 44
Aria Djalil
bekerjasama mengandung semua elemen dalam ranah pendidikan
yang disebutkan oleh orang-orang seperti Ramo Mangun. Mochtar
Buchori dan lain-lain. Dengan kedua kemampuan inti itulah bangsa
kita ini dapat "survive dan revive".
Dengan demikian semua ranah pendidikan yang selama ini kita
anut harus diberikan dinamika baru dengan menerapkan asas
fungsional sehingga efektif untuk menumbuh-kembangkan
kemampuan bersaing dan bekerjasama, dalam rangka
menghasilkan produk ekonomis dan kesejahteraan rakyat.
Untuk memperkaya dan saling melengkapi wawasan mengenai
tantangan pendidikan yang kita hadapi, berikut ini dikemukakan
kembali konsep pendidikan sebagaimana ditengarai oleh Jacques
Delors, Chairman of the Unesco International Commission on
Education for the 21th Century.
Dalam laporannya yang terkenal dengan "De/or Report", ia
menekankan empat konsep pendidikan yang seharusnya menjadi
pilar pembelajaran. Konsep itu adalah: 1) learning to know yang
menekankan pentingnya makna learning how to learn; 2)
learning to do yang menekankan makna pentingnya
mengembangkan kemampuan untuk menghadapi situasi atau
masalah yang beragam dan berubah-ubah; 3) learning to live
together yang menekankan makna pentingnya memahami orang
lain, sejarah mereka, tradisi dan budaya mereka, sehingga mampu
hidup berdampingan dan berinteraksi secara "fair" dan damai; dan
4) learning to be yang menekankan makna pentingnya
mengembangkan potensi manusia secara penuh. Pilar ke empat itu
dapat ditegakkan dengan cara memberikan peluang yang lebih
besar kepada peserta didik untuk berlatih menjadi insan yang
independen dan mampu memberikan ''judgement" yang
bertanggungjawab.
Pembaharuan Pendidikan: darimana mulainya?
Begitu luasnya cakupan bidang pendidikan dan begitu
kompleksnya permasalahan yang harus dipecahkan, maka
darimanapun kita ingin memulai gerakan perbaikannya, agaknya
dapat dibenarkan karena selalu tersedia alasannya. Namun
dengan premis seperti ini, dapat pula mengakibatkan upaya
32