Page 44 - Cakrawala Pendidikan
P. 44

Aria Djalil


           bekerjasama mengandung  semua elemen  dalam ranah  pendidikan
           yang disebutkan oleh orang-orang  seperti  Ramo  Mangun. Mochtar
           Buchori dan lain-lain.  Dengan  kedua  kemampuan  inti itulah  bangsa
           kita ini dapat "survive dan revive".
           Dengan  demikian  semua  ranah  pendidikan  yang  selama  ini  kita
           anut  harus  diberikan  dinamika  baru  dengan  menerapkan  asas
           fungsional   sehingga   efektif   untuk   menumbuh-kembangkan
           kemampuan     bersaing   dan   bekerjasama,   dalam   rangka
           menghasilkan produk ekonomis dan kesejahteraan rakyat.
           Untuk  memperkaya  dan  saling  melengkapi  wawasan  mengenai
           tantangan  pendidikan  yang  kita  hadapi,  berikut  ini  dikemukakan
           kembali  konsep  pendidikan  sebagaimana  ditengarai  oleh  Jacques
           Delors,  Chairman  of  the  Unesco  International  Commission  on
           Education for the 21th Century.
           Dalam  laporannya  yang  terkenal  dengan  "De/or  Report",  ia
           menekankan  empat  konsep  pendidikan  yang  seharusnya  menjadi
           pilar  pembelajaran.  Konsep  itu  adalah:  1)  learning  to  know yang
           menekankan  pentingnya  makna  learning  how  to  learn;  2)
           learning   to   do   yang   menekankan   makna    pentingnya
           mengembangkan  kemampuan  untuk  menghadapi  situasi  atau
           masalah  yang  beragam  dan  berubah-ubah;  3)  learning  to  live
           together yang  menekankan  makna  pentingnya  memahami  orang
           lain,  sejarah  mereka, tradisi dan  budaya  mereka,  sehingga  mampu
           hidup  berdampingan  dan  berinteraksi  secara "fair"  dan  damai;  dan
           4)  learning  to  be  yang  menekankan  makna  pentingnya
           mengembangkan potensi manusia secara penuh.  Pilar ke empat itu
           dapat  ditegakkan  dengan  cara  memberikan  peluang  yang  lebih
           besar  kepada  peserta  didik  untuk  berlatih  menjadi  insan  yang
           independen  dan  mampu  memberikan  ''judgement"  yang
           bertanggungjawab.

           Pembaharuan Pendidikan: darimana mulainya?
           Begitu   luasnya   cakupan   bidang   pendidikan   dan   begitu
           kompleksnya  permasalahan  yang  harus  dipecahkan,  maka
           darimanapun  kita  ingin  memulai  gerakan  perbaikannya,  agaknya
           dapat  dibenarkan  karena  selalu  tersedia  alasannya.  Namun
           dengan  premis  seperti  ini,  dapat   pula  mengakibatkan  upaya



           32
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49