Page 40 - Cakrawala Pendidikan
P. 40

2.  PENDIDIKAN SETELAH ERA ORDE BARU





          Aria Djalil


          Pendahuluan
          Desakan  untuk  meningkatkan  pelayanan  pendidikan  di  suatu
          negeri tidak dapat lag1  diartikan sebagai pertanda karena negeri  itu
          tergolong negeri yang sedang berkembang.  Di negara-negara yang
          maju  dan  bahkan  sangat  maju,  seperti  Amerika  Serikat,  lnggris,
          Jerman,  dan  Australia  desakan  seperti  itu  juga  terus  terjadi.
          Desakan  yang  amat  kuat  itu  muncul  akibat  perubahan  dan
          perkernbangan di  seluruh  sektor kehidupan  seperti  sektor industri,
          perdagangan,   sosial,   politik,   pertahanan   dan   keamanan.
          Perubahan  ini  dapat  dikatakan  bersifat  abadi,  karena  terjadi
          berkelanjutan  hampir  tanpa  henti,  dan  juga  bersifat  mengglobal,
          karena  berlangsung  mulai dari  satuan  kawasan  terkecil atau  lokal
          hingga  ke  satuan  yang  lebih  besar:  nasional,  regional,  dan
          internasional.

          Pergaulan  regional  dan  internasional  yang  semakin  mengglobal,
          menuntut   sebuah  negara  agar  lebih  siap  dan  mampu  untuk
          bersaing dan  sekaligus juga untuk bekerjasama  dengan  negara-
          negara lainnya.  Dalam perspektif seperti ini,  maka pendidikan tidak
          lagi  semata-mata  dinilai  sebagai  kekuatan  untuk  mencerdaskan
          setiap warga di negeri itu.
          Pendidikan  dituntut agar tidak  lagi  terbatas  pada  "inward  looking",
          (mencerdaskan,  membudayakan  dan  mempersatukan  bangsa)
          tetapi  semakin dituntut agar berdimensi  "outward  looking" (mampu
          bersaing  dan  bekerjasama  di  kalangan  masyarakat  regional  dan
          internasional).






          28
   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45