Page 38 - Cakrawala Pendidikan
P. 38
Winamo Surakhmad
4. mendidik sumber daya manusia yang peka dan termotivasi
untuk mengadakan penerapan ilmu dan teknologi demi
kepentingan pembangunan.
Dengan strategi seperti itu maka universitas sebagai hasil (akibat)
perkembangan masyarakat yang diabdinya, sekaligus dapat
tumbuh menjadi faktor penyebab, faktor pembeda, kemajuan.
Kehadiran universitas harus merupakan faktor penentu.
Kehadirannya adalah karena tugasnya yang strategis tersebut,
bukan karena alasan lain.
Daftar Pustaka
Development Education and "Cultural Globalization". (1996).
Keynote Paper, Seminar on Education and Global
Development, ISESCO, Brunei.
Some Practical Issues in Managing Educational Development.
(1997). Malaysia. ASEMAL.
Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dalam Konteks Globalisasi
Perdagangan Bebas. ( 1997). Konvensi Nasional: Agenda
Nasional Menghadapi Tahun 2003. Universitas Lampung,
Lampung: CIDES.
Problematik Budaya Melayu Abad Ke-21: Proyeksi dari Sudut
Pengembangan Sumber Daya Manusia. (1997). Brunei:
Kongres Melayu Brunei Abad Ke-21. Brunei: Kementerian
Kebudayaan, Belia dan Sukan.
Menggapai Tahun 2000 dan Sesudahnya. (1998). Dewan Bahasa
dan Pustaka, Kementerian Kebudayaan, Belia, dan Sukan.
Reorientasi Pendidikan Menjelang Abad Ke-21: Sebuah
Keharusan. (1998). Brunei: Persatuan Buruh Nasional.
Mempersiapkan Generasi Muda Indonesia Memasuki Seribu
Besok. (1998). Brunei- Jakarta: Yayasan AI-Ghazali.
Agenda Strategis Reformasi Pembangunan Melalui Pendidikan.
(1999). Jakarta: FORDIK.
26