Page 34 - Cakrawala Pendidikan
P. 34
Winamo Surakhmad
berkemampuan mengadakan penelitian. Karena itu, di dalam
aktivitas mengajar, mereka hanya menjadi pemakai ilmu, bukan
penghasil ilmu. Bar1aya Iaten (aktual?} yang dapat terjadi di sini
ialah apabila staf pengajar yang hanya mengonsumsi ilmu. tanpa
sadar hanya mengonsumsi ilmu-ilmu yang bukan saJa sudah
terlewat usang, tetapi juga sudah tidak relevan, bahkan mungkin
sudah salahl
Sejarah perkembangan universitas di Indonesia, pada hakikatnya
memang bukan sejarah pengembangan ilmu, tetapi lebih tepat
dil1hat sebaga1 seJarah pengawetan ilmu Kecuali tidak ada rlmu-
iirnu baru yang lahir. ilmu-ilrnu (dari luar) yang sudah ada sajalah
yang dipertahankan dari wahtu ke waktu. dari generasi ke
generasi. Oi nc~:a' j-negara Barat. kita dapat rnenemukan
para:e:;rsme an tar a ;Jerkembangan teknologi dan penemuon-
uenemL;an l1aru aktivitas dan eksperimenlasi
!imiah ya;lg ie~jadi di dalam universitas. kita ballkan dapat
m<3riy.mpulkan bahvva perkembangan teknoiogi dan modernisasi
masyarakat sangat drbantu oleh, dan juga bersumber dari. ilmu-
ilmu yang dikembangkan di universitas, atau melalui kerJasama
dengan universitas. Tidak demikian halnya dengan Indonesia.
Sejak kurang iebih tiga dekade yang la!u, sampai sekarang, ketika
pertumbuhan unrversrtas mulai memperlihatkan peningkatan yang
signifikan. pertumbuhan tersebut patut dicatat sebagai
pertumbuhan kuantitas saja: tidak berarti apa-apa di dalam
peningkatan kualitas. Mungkin tidak terlalu mencari-cari apabila
dipertanyakan mengapa, ketika universitas di Indonesia sudah
sebegitu banyak meluluskan sarjana. tidak muncul-muncul juga
pemikir-pemikir handal di dalam mengatasi dampak krisis yang
terjadi dewasa ini. Conflict resolution, misalnya, sebagaimana yang
diperagakan oleh pelaku politik di arena nasional, tidak
menggambarkan kekuatan bernalar rasional. untuk tidak
menyebutnya ilmiah. Adakah ini sebagai petunjuk tidak adanya
kualitas yang bernas di kalangan sarjana dan 'pemikir' tersebut?
Sejauh mana universitas ikut bertanggun9Jawab?
Kalau pertanyaan serupa itu dinilai kurang relevan, atau kalau
jawabannya memang tidak kita ketahui. sedikit-dikitnya, kondisi ini
mengharuskan kita untuk melihat kembali persoalan peningkatan
22