Page 31 - Cakrawala Pendidikan
P. 31

Kemutlakan Peralihan


      Hari  ini,  ternyata  krisis  tidak  hanya  membawa  bala  semata-mata.
      Krisis  membawa  juga  hikmah.  Dengan  krisis  yang  begitu  intensif,
      dan  yang  telah  memutar  balik  pola-pola  kehidupan  yang  dicoba
      ditata melalui pendekatan masa lalu, maka apa yang semula hanya
      dirasa-rasakan  dan  diduga  secara  samar-samar,  diperkirakan
      secara  intuitif,  atau  bahkan  dicurigai,  kini  menjadi  jelas  semuanya
      di  mata  masyarakat  luas.  Dan  dengan  demikian,  maka  himbauan
      untuk  menggulirkan  sebuah  reformasi  yang  lebih  mendasar,  tidak
      ditanggapi  masyarakat  sebagai  himbauan  yang  berlebihan.
      Sebaliknya,  himbauan  itu  disikapi  sebagai  sebuah  kemutlakan.  Di
      dalam  dunia  pendidikan,  di  mana  dunia  universitas  diharapkan
      berperan  secara  sangat  menentukan,  reformasipun  sudah  tidal<;
      dapat ditangguhkan. Paradigma pendidikan masa lalu harus secara
      radikal  diganti  dengan  paradigma  baru.  yang  secara  sederhana
      dapat  disimpulkan  sebagai  peralihan  dari  pandangan  yang
      berkiblat  kepada  (kepentlngan)  masa  lalu  ke  pandangan  yang
      terarah kepada (eksistensi) masa depan.
      Secara  lebth   rinci,   pe•alihan  paradigrna  pendidikan  yang
      berorientasi  kepada  masa  laiu  kG  paradigma  pendidikan  masa
      depan, antara lain berarti:
       1.   peralihan dari pendidikan yang mengutamakan nilai  kehidupc:m
           budaya  feodal  aristokrasi  ke  pendidikan  yang
           kehidupan nilai budaya demokrast;
      2.   peralihan  pendidikan  yang  memihak  pada  kepentingan
           penguasa dan kekuasaan  ke  pendidikan yang  mengutamakan
           kepentingan kerakyatan,
      3    peralihan  pengelolaan  pendidikan  yang  terpusat  secara
           sentral  kepada  pengelolaan  pendidikan  yang  berbasis
           kekuatan masyarakat;
      4.   peralihan   sikap   kependidikan   yang   mengutamakan
           keseragaman,   ke   sikap  pendidikan  yang   menghargai
           keberagaman;
      5.   peralihan  pola  manajemen  pendidikan  yang  memupuk
           ketergantungan  masyarakat,  ke  pola  manajemen  pendidikan
           yang mengutamakan kemandirian;





                                                                19
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36