Page 31 - Cakrawala Pendidikan
P. 31
Kemutlakan Peralihan
Hari ini, ternyata krisis tidak hanya membawa bala semata-mata.
Krisis membawa juga hikmah. Dengan krisis yang begitu intensif,
dan yang telah memutar balik pola-pola kehidupan yang dicoba
ditata melalui pendekatan masa lalu, maka apa yang semula hanya
dirasa-rasakan dan diduga secara samar-samar, diperkirakan
secara intuitif, atau bahkan dicurigai, kini menjadi jelas semuanya
di mata masyarakat luas. Dan dengan demikian, maka himbauan
untuk menggulirkan sebuah reformasi yang lebih mendasar, tidak
ditanggapi masyarakat sebagai himbauan yang berlebihan.
Sebaliknya, himbauan itu disikapi sebagai sebuah kemutlakan. Di
dalam dunia pendidikan, di mana dunia universitas diharapkan
berperan secara sangat menentukan, reformasipun sudah tidal<;
dapat ditangguhkan. Paradigma pendidikan masa lalu harus secara
radikal diganti dengan paradigma baru. yang secara sederhana
dapat disimpulkan sebagai peralihan dari pandangan yang
berkiblat kepada (kepentlngan) masa lalu ke pandangan yang
terarah kepada (eksistensi) masa depan.
Secara lebth rinci, pe•alihan paradigrna pendidikan yang
berorientasi kepada masa laiu kG paradigma pendidikan masa
depan, antara lain berarti:
1. peralihan dari pendidikan yang mengutamakan nilai kehidupc:m
budaya feodal aristokrasi ke pendidikan yang
kehidupan nilai budaya demokrast;
2. peralihan pendidikan yang memihak pada kepentingan
penguasa dan kekuasaan ke pendidikan yang mengutamakan
kepentingan kerakyatan,
3 peralihan pengelolaan pendidikan yang terpusat secara
sentral kepada pengelolaan pendidikan yang berbasis
kekuatan masyarakat;
4. peralihan sikap kependidikan yang mengutamakan
keseragaman, ke sikap pendidikan yang menghargai
keberagaman;
5. peralihan pola manajemen pendidikan yang memupuk
ketergantungan masyarakat, ke pola manajemen pendidikan
yang mengutamakan kemandirian;
19