Page 33 - Cakrawala Pendidikan
P. 33

Kemutlakan Peralihan


       akan  menjadi  lain  sekali,  jauh  di  luar  yang  dapat  dibayangkan
       sekarang.

       Tridarma Universitas: Sebuah Misi atau Mimpi?
       Satu  sifat  yang  mungkin  menjadi  pembeda  utama  antara
       universitas  terkemuka  yang  telah  mapan  di  berbagai  negara  maju
       dengan  universitas  di  Indonesia  pada  umumnya  yang  masih
       mencari-cari  bentuk  adalah  bahwa  pada  universitas-universitas
       besar terjadi aktivitas kajian  ilmiah yang  sangat intensif,  khususnya
       di  da!am  pengembangan  pengetahuan  dan  teknologi  yang  baru.
       Dari universitas besar itu  senantiasa  lahir berbagai teori-teori baru,
       ilmu-ilmu  baru.   eksperimentasi  ilmiah,   pengembangan  dan
       pengujian  metode-metode  baru,  serta  produksi teknologi  mutakhir.
       Komponen  aktivitas  ilm1ah  di  dalam  universitas  tersebut  adalah
       komponen  yang  penting,  atau  mungkin  yang  terpenting;  setidak-
       tidaknya dilihat dari tingkat prioritasnya,  kadang-kadang dari tingkat
       kerahasiaannya,  dari  keterlibatan  i!muan-ilmuan  besar  dari
       berbagai  negara,  dan  selalu  didukung  oieh  dana  serta  kemudahan
       latnnya  yang  besar.  Beberapa  universitas  serupa  itu,  karena
       menempatkan  aktivitas  penelitian  pada  tingkat  yang  (ter}tinggi,
       mungkin  dapat disebut sebaga1  'research  university',  dibandingkan
       dengan sifat universitas di Indonesia yang didominasi oleh kegiatan
       belajar-mengajar,   yang   menjadikan   universitas   kita   lebih
       merupakan 'teaching university'.
       Di  dalam research  university,  tidak jarang terjadi  bahwa  hasil-hasil
       research  itulah  yang  kemudian  disalurkan  menjadi  bahan
       pengajaran,  sedangkan  di  dalam  teaching  university,  pengajaran
       berlaku  hampir-hampir (atau  kebanyakan  seluruhnya) terjadi tanpa
       input  dari  research;  bahkan juga tanpa  hubungan  apapun  dengan
       research.  Di  sini,  kedudukan  penelitian  berada  pada  tingkat
       terendah.  Staf akademik,  bagi  universitas  ini,  adalah  staf pengajar
       saja.  Mereka  hanya  mengajar  dan  mengajar.  Waktu,  biaya,  dan
       kesempatan,  seringkali  menjadi  kendala  yang  dikemukakan  oleh
       staf  pengajar  untuk  tidak  terlibat  di  dalam  aktivitas  penelitian.
       Tetapi sangat mungkin bahwa alasan  sebenarnya adalah  bahwa di
       satu pihak policy universitas yang  menjadi penghambat, dan di lain
       pihak  -  sangat  penting  -  staf  pengajar  sesungguhnya  tidak




                                                                 21
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38