Page 29 - Cakrawala Pendidikan
P. 29

Kemutlakan Peralihan


       pendidikan  secara  makroskopik,  masalah  universitas  hanyalah
       bahagian  dari  sebuah  Gestalt  permasalahan  pendidikan  yang
       besar.
       Perbaikan  mutu  pembelajaran  di  tingkat  universitas,  misalnya,
       banyak  berkaitan  dengan  mutu  pembelajaran  di  tingkat  dasar dan
       menengah.  Universitas  seringkali  hanya  memberikan  komentar
       dan  penilaian  yang  kurang  kepada  prestasi  tingkat  pendidikan
       menengah,  kemudian  segera  berpaling  "menangani"  masalah
       tersebut  melalui  berbagai  built-in  mechanisms,  seperti  program
       saringan,  matrikulasi,  pendidikan  tambahan.  program  remedial
       intensif,  dengan  varian  dan  nama  yang  berbeda-beda,  yang
       semuanya  dilakukan  oleh  universitas,  di  dalam  tubuh  universitas.
       dan  khusus  untuk  kepentingan  universitas.  Semuanya,  karena
       pengaruh pandangan yang  universitas-sentris.
       Pandangan  yang  lebih  hclistik  akan  rnerangsang  universitas
       mencurahkan  perhatian  dan  mengulurkan  tangan  untuk  sedikitnya
       turut  meningkatkan  mutu  pendidikan  menengah,  pendidikan  yang
       diharapkan menjadi basis pendidikan tinggi.  !mplikasinya akan  lain
       Begitu  juga  kemanfaatannya.  Dengan  ringkas,  peningkatan  mutu
       yang  dikehendaki  di  tingkat  universitas  adalah  bahagian  dari  dan
       terkait dengan pen1ngkatan  mutu sektor pendidikan dalam arti yang
       lebih  luas.  Hal  ini  berlaku  umum.  Artinya,  kita  tidak  dapat
       memikirkan   perbaikan   mutu    pendidikan   dengan   jalan
       menanganinya  secara  partial;  bahkan.  kita  tidak  dapat  mernula1
       reformasi  pendidikan  secara  mendasar  tanpa  mengaitkannya
       dengan  dan  bersumber  dari  keseluruhan  realltas  kehidupan.
       Alasannya  sangat  jelas:  pendidikan  yang  k1ta  bicarakan  adalah
       pendidikan yang  rnenyangkut kehidupan  yang  luas:  dari dan  untuk
       kehidupan seluruh bangsa!

       Peralihan Paradigma,  atau ... Menunggu Krisis  Baru?
       Di dalam perjalanan sejarah pendidikan bangsa ini,  dasar ideologis
       pendidikan,  sejak  pertengahan  hingga  menjelang  akhir  Abad  20,
       tidak  pernah  berubah.  Di  dalam  konstitusi  dengan  jelas  tertera
       aspirasi  kemajuan  melalui  pendidikan  untuk  mencerdaskan
       kehidupan  bangsa.  Di  dalam  konstitusi  yang  sama,  pandangan
       kultur  antropotogi  t1dak  pernah  berubah:  manus1a  dipandang



                                                                 17
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34