Page 25 - Cakrawala Pendidikan
P. 25

Kemutlakan Peralihan


         Pada  Abad  21  diramalkan  akan  timbul  beberapa  sifat  yang  akan
         sangat  mempengaruhi  kehidupan  dan  peradaban  manusia,  dan
         yang  akan  menimpa  kehidupan  generasi  muda  dengan  intensif.
         Secara sangat umum, sifat-sifat tersebut adalah sebagai berikut:

         1.  Akan  terjadi  perubahan  yang  besar  di  dalam  hampir  semua
            bidang  kehidupan,  dan  bahwa  perubahan  tersebut  akan
            berlangsung semakin hari semakin terakselerasi.
         2.  Peranan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  akan  mengambil
            posisi  yang  sentral  yang  langsung  mempengaruhi  bukan  saja
            gaya  hidup  manusia  sehari-hari.  tetapi  juga  mempengaruhi
            nilai-nilai seni,  moral dan agama.

         3.  Pertarungan dan persaingan hidup antara bangsa-bangsa tidak
            akan  terbatas  di  bidang  ekonomi  saja,  tetapi  juga  di  berbagai
            bidang lainnya, termasuk bidang budaya dan ideologi.
         4.  Karena  pengaruh  ilmu  dan  teknologi,  nilai-nilai  moral  dan
            agama  akan  langsung  tertantang,  dan  bukan  mustahil  akan
            timbul  sistem  nilai yang  berbeda dari  apa yang dikenal  sampai
            saat ini.

         Tidak  ada  sebuah  bangsa  yang  sedang  berkembang  yang  dapat
         bertahan  menghadapi  perubahan  dan  pengaruh  tersebut  apabila
         bangsa  itu  tidak  menyiapkan  diri,  karena  bagaimanapun,  negara-
         negara maju,  pada saat memulai start memasuki tahun  2000,  telah
         lebih  antisipatif,  proaktif,  dan  karenanya  telah  lebih  dahulu  siap;
         mereka  telah  berada  di  dalam  kondisi  yang  jauh  lebih
         menguntungkan.
         Pada pertengahan abad  ini,  jumlah anak didik di  negara maju tidak
         sampai mencapai sebesar 35%,  sedangkan di negara yang sedang
         berkembang,  pada  saat  yang  sama,  terdapat  anak  didik  dengan
         jumlah  yang  hampir  dua  kali  lipat  (66%);  di  dalam  angka  yang
         absolut, jumlah  keseluruhan  anak didik pada  masa itu  lebih kurang
         sebesar  2.5  biliun!  Dua  puluh  lima  tahun  kemudian,  pada  negara
         maju  didapati  penurunan  (25%)  sedangkan  pada  negara  yang
         sedang  berkembang  justru  terjadi  kenaikan  (75%);  dalam  jumlah
         absolut, jumlah anak sudah mencapai 4.0 biliun.  Diramalkan bahwa
         ketika  kita  memasuki  hari  pertama  Abad  21,  ketika  jumlah  anak




                                                                  13
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30