Page 21 - Cakrawala Pendidikan
P. 21
Kemutlakan Peralihan Paradigma ...
memungkinkan pengembangan sumber daya semakin tinggi, yang
mampu berproduksi semakin tinggi, dan melahirkan kemajuan
yang lebih tinggi lagi. Mata rantai kemajuan seperti itu tidak
mungkin terjadi di negara-negara yang tidak memiliki sumber daya
manusia terdidik. Sumber daya manusia yang terdidik, jelasnya,
adalah potensi dasar pembangunan; tetapi sumber daya manusia
yang tidak terdidik adalah beban semata-mata. Beban yang sangat
be rat.
Universitas Menghadapi Dilemma
Mendirikan universitas yang berkualitas bukan usaha yang mudah,
dan usaha itu menjadi lebih tidak mudah bagi negara muda yang
belum memiliki tradisi keilmuan, kemapanan ekonomi, kemantapan
politik, kestabilan sosial dan ini sangat penting - kekuatan
profesional. lni perlu membuat kita mempertimbangkan untung
rugi mendirikan universitas dalam jumlah yang besar. Di satu fihak.
dorongan (dengan motivasi apapun) untuk mendirikan sebanyak
mungkin universitas dapat digunakan sebagai petunjuk 'kemajuan'
masyarakat. Mungkin ini juga yang menjadi salah satu sebab
mengapa pemerintah tingkat propinsi menilai sangat perlu
mendirikan universitas di setiap propinsi. Mungkin dengan
pertimbangan yang sama, berbagai kekuatan swasta juga
mendirikan universitas. walaupun kemudian ternyata bahwa
setelah universitas didirikan, umumnya universitas tersebut.
sebagai lembaga penampungan. tidak lepas dari kehidupan yang
merana. Di dalam kondisi serupa itu, tanpa tenaga professtonal
yang cukup, tanpa pusat sumber belajar (terutama perpustakaan)
yang terkini. tanpa laboratorium yang modern, cukup
mengherankan, universitas terse but masih terus bisa berproduksi.
Pengelolaan hanya berarti mempertahankan keberadaan
universitas. atau sekadar untuk mencegah universitas dari
kebangkrutan. Universitas serupa ini jauh lebih banyak
mudaratnya, dibanding manfaatnya.
Jadi di lain fihak, gejala menjamurnya universitas dapat berarti
kerugian, apabila universitas hanya menjadi lembaga penampung,
bukan lembaga perintis perkembangan potensi ilmu dan teknologi.
Universitas seringkali juga menghadapi situasi dilemmatis di dalam
9