Page 17 - Cakrawala Pendidikan
P. 17
Kemutlakan Peraliha.n Paradigma ...
universitas untuk berkata bahwa das Sein memang adalah
perwujudan das So/len, kalau diketahui bahwa nilai-nilai
kemanusiaan tersebut di dalam realitas terdesak oleh perhatian
universitas yc:mg terfokus hanya pada aspek kognitif manusia, dan
bahwa nilai-nilai yang lain terabaikan oleh program pengembangan
ilmu dan teknologi, yang seakan-akan tidak berkaitan dengan
keimanan dan kebudayaan. Singkatnya, dengan realitas itu,
pendidikan di universitas bukan (dan belum) segala-galanya, dan
ini berlaku mungkin pada semua universitas di tanah air.
Universitas dan Sumber Daya Manusia
Sejak diterbitkannya hasil studi intensif mengenai hubungan
sumber daya manusia dan pembangunan yang dilakukan di
berbagai negara sekitar 1965 (Harbison dan Myers), para
pengelola universitas menjadi semakin yakin bahwa jelas ada
korelasi yang positif antara pendidikan (tinggi) dengan keberhasilan
pembangunan. Sejak itu pula, para pengelola, terutama dari
negara-negara yang baru mulai berkembang, berbicara mengenai
kebutuhan yang mendesak akan perlunya universitas sebagai
tempat melatih, mengajar, atau mendidik sumber daya manusia
yang berkemampuan tinggi, yang diperlukan sebagai dinamisator
di dalam pembangunan: sebagai ilmuan yang canggih, sebagai
pemikir yang tajam, sebagai penemu yang handal, sebagai
pemimpin yang tangguh, dan sebagai apa jugapun yang dipikirkan
(diharapkan) menjadi kekuatan pembangunan. Maka, di negara-
negara yang baru berkembang itu, menjadilah universitas sebagai
sebuah simbol kemajuan. Logikanya sederhana: universitas adalah
pabrik tenaga terdidik; makin banyak universitas. makin banyak
lulusan; dan makin banyak lulusan, makin banyak tenaga terdidik;
bukankah tenaga itulah yang teramat dibutuhkan di dalam
pembangunan?
Tetapi logika itu baru sebahagian dari kisah perkembangan
perguruan tinggi. Sahagian yang lain adalah kisah realitas yang
negatif, yang menggambarkan begitu banyaknya kendala yang
dihadapi oleh perguruan tinggi sehingga kehendak untuk
menjadikan universitas sebagai lembaga pengembangan sumber
daya manusia tidak dapat berjalan mulus. Ketiadaan pengalaman
5