Page 12 - Cakrawala Pendidikan
P. 12

dunia pendidikan dari pengamat pendidikan,  praktisi dan  pemimpin
          pendidikan.  Buku  ini  diharapkan  dapat  memperkaya  khasanah
          dunia pendidikan di Indonesia.


          Sistematika Buku
          Buku  ini  berisi  23  artikel  yang  dike!ompokkan  menjadi  lima
          kelompok,  yaitu  1)  Pendidikan  Tinggi  dalam  Menyongsong  Masa
          Depan,  2)  Pendidikan  dan  Pembelajaran,  3)  Pengembangan
          Pendidikan,  4)  Eva!uasi  da!am  Pendidikan,  dan  5)  Pendidikan
          khusus untuk bidang ilmu.
          Dalam  bagian  satu,  ada  lima  artikel  yang  berfokus  pada  kesiapan
          dan strategi  yang  perlu diperhatikan oleh  institusi pendidikan  tinggi
          dalam  menyikapi  perubahan  yang  terjadi  secara  internal  maupun
          eksternal,  ancaman  serta  tantangan  yang  muncul  seiring  dengan
          perubahan  tersebut.  serta  kualitas  pendidikan  tinggi.  Artikel-artikel
          dalam  bagian  satu  ini  lebih  banyak  merupakan  tinjauan  makro
          terhadap dunia pendidikan tinggi di Indonesia.
          Jika  bagian  satu  bersifat sangat  makro,  maka  bagian  dua  bersifat
          sangat  mikro.  Artikel-artikel  dalam  bagian  dua  ini  berfokus  pada
          pembelajaran,  suatu  proses  inti  yang  harus  terjadi  dalam  sebuah
          pendidikan.  Beragam  komponen  pembelajaran  yang  memperoleh
          perhatian  pada  bagian  dua  ini  meliputi  teknologi  pembelajaran,
          sistem  dan  karakteristik  pembelajaran,  motivasi  peserta  didik,
          pemanfaatan  media,  serta  pembelajaran  terbuka  dan  jarak  jauh.
          Tinjauan   dan   pembahasan    dalam   artikel-artikel   tersebut
          dilandaskan pada kajian empiris maupun kajian teoritis.

          Bagian  tiga  menyajikan  empat  artikel  tentang  pengembangan
          pendidikan,  terutama  dalam  hal  pendidikan  luar biasa,  pendidikan
          orang dewasa, bimbingan dan konseling, serta pendidikan jasmani.
          Sementara  itu,  evaluasi  dalam  pendidikan  dibahas  secara  khusus
          dalam  bagian  empat.  Evaluasi  seringkali  merupakan  kata  yang
          selalu  didengung-dengungkan,  namun  jarang  sekali  dilakukan/
          diimplementasikan. Pandangan tentang evaluasi pendidikan secara
          makro  maupun  mikro  terdapat  dalam  tiga  artikel  pada · bagian
          em pat.





          X
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17