Page 12 - Cakrawala Pendidikan
P. 12
dunia pendidikan dari pengamat pendidikan, praktisi dan pemimpin
pendidikan. Buku ini diharapkan dapat memperkaya khasanah
dunia pendidikan di Indonesia.
Sistematika Buku
Buku ini berisi 23 artikel yang dike!ompokkan menjadi lima
kelompok, yaitu 1) Pendidikan Tinggi dalam Menyongsong Masa
Depan, 2) Pendidikan dan Pembelajaran, 3) Pengembangan
Pendidikan, 4) Eva!uasi da!am Pendidikan, dan 5) Pendidikan
khusus untuk bidang ilmu.
Dalam bagian satu, ada lima artikel yang berfokus pada kesiapan
dan strategi yang perlu diperhatikan oleh institusi pendidikan tinggi
dalam menyikapi perubahan yang terjadi secara internal maupun
eksternal, ancaman serta tantangan yang muncul seiring dengan
perubahan tersebut. serta kualitas pendidikan tinggi. Artikel-artikel
dalam bagian satu ini lebih banyak merupakan tinjauan makro
terhadap dunia pendidikan tinggi di Indonesia.
Jika bagian satu bersifat sangat makro, maka bagian dua bersifat
sangat mikro. Artikel-artikel dalam bagian dua ini berfokus pada
pembelajaran, suatu proses inti yang harus terjadi dalam sebuah
pendidikan. Beragam komponen pembelajaran yang memperoleh
perhatian pada bagian dua ini meliputi teknologi pembelajaran,
sistem dan karakteristik pembelajaran, motivasi peserta didik,
pemanfaatan media, serta pembelajaran terbuka dan jarak jauh.
Tinjauan dan pembahasan dalam artikel-artikel tersebut
dilandaskan pada kajian empiris maupun kajian teoritis.
Bagian tiga menyajikan empat artikel tentang pengembangan
pendidikan, terutama dalam hal pendidikan luar biasa, pendidikan
orang dewasa, bimbingan dan konseling, serta pendidikan jasmani.
Sementara itu, evaluasi dalam pendidikan dibahas secara khusus
dalam bagian empat. Evaluasi seringkali merupakan kata yang
selalu didengung-dengungkan, namun jarang sekali dilakukan/
diimplementasikan. Pandangan tentang evaluasi pendidikan secara
makro maupun mikro terdapat dalam tiga artikel pada · bagian
em pat.
X