Page 15 - Cakrawala Pendidikan
P. 15
1. KEMUTLAKAN PERALIHAN PARADIGMA
UNIVERSITAS MASA DEPAN: REFERENSI
NEGARA SEDANG BERKEMBANG*)
Winarno Surakhrnad
Universitas Bukan Segalanya
Universitas bukanlah konsekuensi logis pendidikan menengah.
Artinya, tidak otomatis, bahkan tidak mutlak, bahwa setiap orang
lulusan pendidikan menengah harus mengikuti pendidikan
universiter untuk mendapatkan "kebulatan" pendidikan. Bahwa
tingkat universitas adalah "lebih tinggi" dari tingkat pendidikan
dasar dan menengah, telah diterima masyarakat tanpa pernah
bertanya: 'Lebih tinggi di dalam hal apal' Dari segi falsafah
pengembangan manusia seutuhnya, pandangan kita tentang nilai
universitas tidak boleh hanya didasarkan atas perbedaan tingkat
atau kedudukan lembaga tersebut terhadap lembaga-lembaga
lainnya. Tidak tepat kita berpendapat, misalnya, bahwa pendidikan
di dalam keluarga adalah pendidikan yang jauh lebih rendah
dibandingka.r dengan 'pendidikan' (kalau istilah ini tepat!) di
universitas, hanya karena universitas adalah institusi pendidikan
dalam urutan posisi yang terakhir. Apakah memang betul bahwa
pendidikan di dalam keluarga, pendidikan di dalam taman asuhan,
pendidikan di sekolah dasar dan menengah (harus) lebih rendah
daripada pendidikan universitas?
• Sebagian substansi tulisan ini, dengan judul yang sama, telah diuraikan di dalam
forum:
.1. Studium Generale I Kuliah Umum, Universitas Bandung Raya, Bandung, 18
September 1999
2. Seminar/Lokakarya FIP dan JIP IKIP se Indonesia, Yogyakarta, 5-7 Oktober
1999
3