Page 15 - Cakrawala Pendidikan
P. 15

1.  KEMUTLAKAN PERALIHAN  PARADIGMA
            UNIVERSITAS  MASA  DEPAN:  REFERENSI
            NEGARA SEDANG BERKEMBANG*)






        Winarno Surakhrnad

        Universitas  Bukan Segalanya

        Universitas  bukanlah  konsekuensi  logis  pendidikan  menengah.
        Artinya,  tidak  otomatis,  bahkan  tidak  mutlak,  bahwa  setiap  orang
        lulusan  pendidikan  menengah  harus  mengikuti  pendidikan
        universiter  untuk  mendapatkan  "kebulatan"  pendidikan.  Bahwa
        tingkat  universitas  adalah  "lebih  tinggi"  dari  tingkat  pendidikan
        dasar  dan  menengah,  telah  diterima  masyarakat  tanpa  pernah
        bertanya:  'Lebih  tinggi  di  dalam  hal  apal'  Dari  segi  falsafah
        pengembangan  manusia  seutuhnya,  pandangan  kita  tentang  nilai
        universitas  tidak  boleh  hanya  didasarkan  atas  perbedaan  tingkat
        atau  kedudukan  lembaga  tersebut  terhadap  lembaga-lembaga
        lainnya.  Tidak tepat kita  berpendapat,  misalnya,  bahwa  pendidikan
        di  dalam  keluarga  adalah  pendidikan  yang  jauh  lebih  rendah
        dibandingka.r  dengan  'pendidikan'  (kalau  istilah  ini  tepat!)  di
        universitas,  hanya  karena  universitas  adalah  institusi  pendidikan
        dalam  urutan  posisi  yang  terakhir.  Apakah  memang  betul  bahwa
        pendidikan  di  dalam  keluarga,  pendidikan  di  dalam taman  asuhan,
        pendidikan  di  sekolah  dasar dan  menengah  (harus)  lebih  rendah
        daripada pendidikan universitas?


        • Sebagian  substansi tulisan  ini,  dengan judul yang  sama,  telah diuraikan di  dalam
        forum:
        .1.   Studium  Generale  I  Kuliah  Umum,  Universitas  Bandung  Raya,  Bandung,  18
            September 1999
        2.   Seminar/Lokakarya  FIP dan  JIP  IKIP  se  Indonesia,  Yogyakarta,  5-7  Oktober
            1999



                                                                   3
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20