Page 26 - Cakrawala Pendidikan
P. 26
Winarno Surakhmad
didik keseluruhannya sudah mencapai 6.2 biliun, gambaran akan
menjadi semakin berubah; d1ramalkan bahwa akan ada sebesar
20% saja anak didik yang memerlukan penanganan di dunia maJu,
sedangkan di dunia yang sedang berkembang jumlah akan
membengkak sampai 80%. Di dalam kuantitas saja, jumlah
sebesar itu jelas akan menjadi beban yang berat
Memang, jumlah tenaga pengajar juga bertambah dari tahun ke
tahun. Antara tahun 1965-1980, tercatat pertambahan guru di
negara maju sebesar 11% untuk tingkat pendidikan dasar, 39%
untuk pendidikan menengah, dan 12% untuk pendidikan tinggi. Di
negara yang sedang berkembang, dalam kurun waktu yang sama,
penambahan guru berturut-turut adalah 96% untuk pendidikan
dasar, 161% untuk pendidikan menengah, dan 332% (!) untuk
pendidikan tinggi. Tetapi yang tidak kurang penting untuk dicermati
ialah kenyataan bahwa di negara maju terjadi kenaikan anggaran
biaya pendidikan untuk setiap anak. Pada tahun 1970 tersedia US$
1350 per anak, dan pada tahun 1980 naik menjadi US$ 2250. Di
negara yang sedang berkembang, pada tahun 1970, biaya
pendidikan per anak tersedia hanya US$ 80, dan jumlah yang kecil
itu menjadi semakin kecil setiap tahun. Dengan kenyataan itu, jelas
bahwa para perancang pendidikan menghadapi lagi kesulitan di
dalam menentukan penggunaan dana; pada saat uang yang
tersedia begitu sedikit, anak didik semakin banyak. dan masalah
sosial semakin rumit, semakin banyak juga masalah kependidikan
yang muncul; hampir semua masalah tersebut memerlukan
prioritas penanganan. Karenanya, memilih alternatif yang terbaik,
menjadi proses pengambilan keputusan yang sangat sukar.
Padahal, pada saat yang sama kita harus menyiapkan generasi
anak didik menjadi generasi yang tangguh.
Ketika Asian Free Trade Association (AFTA}, pada tahun 2003
menjadi kenyataan, bagi kita berarti bahwa batas-batas gerak
dunia perdagangan yang intensif, bahkan yang mungkin agressif,
akan semakin kabur; dan langsung atau tidak langsung, gejala ini
pasti berdampak di dalam perkembangan universitas. Tetapi
sampai saat ini, sangat sulit untuk menemukan universitas mana.
di luar fakultas non-ekonomi, yang memasukkan program
kerjasama regional seperti AFT A dan Asia Pacific Economic
14