Page 27 - Cakrawala Pendidikan
P. 27
Kemutlakan Peralihan
Cooperation (APEC) pada tahun 2020, serta yang bersifat global
seperti dalam konteks World Trade Organization (WTO), sebagai
motivasi persiapan generasi muda memasuki era tersebut. Bahkan
dalam berbagai kerjasama segitiga pertumbuhan, di mana
Indonesia langsung terlibat (IMT, 1MB, IMP, lAP, dan IMS) program
pertumbuhan serupa ini tidak diolah sebagai bahagian dari studi
pembangunan masa depan. Program kurikuler lembaga pendidikan
tinggi hampir-hampir tidak menjamah persoalan serupa itu, dan
tetap terpaku pada 'ilmu-ilmu' tradisional yang dibakukan.
Universitas pada umumnya, sampai saat ini, seperti tidak peka
mengenai berbagai perkembangan sekelilingnya, yang
menyangkut kepentingan bangsa di masa depan.
Reformasi Pendidikan: Reformasi Holistik
Jepang pernah mengenal reformasi yang fundamental, yang
tercatat di dalam sejarah sebagai Restorasi Meiji. Dalam bahasa
reformasi kita sekarang, di Jepang telah berlaku berubahan
paradigma, dari paradigma masa lalu yang sangat dipengaruhi
nilai-nilai tradisi, menuju ke paradigma yang lebih terbuka, yang
memungkinkan terjadinya perubahan, yang berarti memungkinkan
terjadinya kemajuan. Pada masa itu, majoritas sumber daya
manusia yang terlibat di dalam proses pembangunan adalah
mereka yang hanya berpendidikan rendah. Mereka yang
berpendidikan menengah, apalagi yang berpendidikan universitas,
berjumlah sangat sedikit. Ketika kemudian telah tampak bahwa
pembangunan di Jepang mulai menjadi sangat dinamis dan
produktif, ternyata di dalam sektor pendidikan, Jepang telah
menempuh strategi menghi/angkan tenaga-tenaga pembangunan
yang hanya berpendidikan rendah, dan secara sangat signifikan
memperbesar jumlah tenaga yang berpendidikan menengah, tetapi
tidak pada tingkat universitas.
Tenaga terdidik yang berhasil menggerakkan proses kemajuan di
Jepang ternyata hanya sebagian kecil yang melalui tingkat
pendidikan tinggi. Kenaikan jumlah angkatan pembangunan yang
terdidik pada tingkat universiter terjadi tidak seberapa tinggi, dan itu
sajapun ternyata telah mampu menempatkan citra Jepang pada
kedudukan yang disegani bangsa-bangsa lain. Kalau studi
15