Page 35 - Cakrawala Pendidikan
P. 35
Kemutlakan Peralihan
performance universitas untuk keperluan hari ini, dan lebih-lebih
lagi untuk keperluan masa depan. Sejalan dengan makin
bertambahnya jumlah universitas, memang telah tumbuh pemikiran
bahwa universitas harus mewujudkan diri di dalam tiga sifat
kegiatan: pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
Ketiga buah sifat aktivitas itu - tridarma - bahkan telah dirumuskan
sebagai kebijaksanaan pemerintah: universitas berfungsi sebagai
lembaga penyebar pengetahuan (pengajaran), sebagai lembaga
pengembang pengetahuan (penelitian), dan sebagai lembaga
penerap pengetahuan (pengabdian). Konsep ini, terutama bagi
negara-negara yang sedang berkembang, tampaknya memang
sangat diperlukan. Tetapi, di dalam realitas, konsep ini tidak
banyak mendorong universitas sebagai lembaga penghasil ilmu.
Tridarma, ibarat sebuah segitiga yang seyogianya berbentuk
segitiga sama sisi, di dalam wujudnya lebih banyak sebagai
segitiga sama kaki, dengan garis alas (pengajaran) yang sangat
panjang. Akibat yang serius dari kondisi ini ialah bahwa Indonesia
masih tetap sangat tergantung pada ilmu dari luar, dan masyarakat
masih tetap tidak cukup menikmati kehadiran universitas. Dengan
singkat: universitas tidak berhasil di dalam missinya! Yang terjadi
ialah bahwa di dalam setiap sudut dari konfigurasi segi tiga
tersebut terdapat sebuah titik kecil yang menggambarkan ketiga
buah darma. Yang seharusnya ialah bahwa ketiga buah titik
tersebut ditumbuhkan masing-masing menjadi lingkaran yang
besar, yang bukan saja saling menyentuh, tetapi saling bertindih.
Gambaran ini melambangkan terintegrasinya fungsi tridharma
sebagai satu sinergi, bukan sebagai tiga unsur lepas.
Universitas: Sebuah Akibat, Sekaligus Sebab
Peran positif universitas di dalam pembangunan masih terlalu
sedikit, apalagi dibandingkan dengan harapan yang ditumpahkan
kepadanya. Jumlah universitas - dan Julusannya - yang makin
bertambah banyak, tidak memperlihatkan dampak langsung yang
positif di dalam proses pembangunan. Pandangan yang menampik
universitas sebagai menara gading, tidak mampu menggeser
universitas dari posisi tersebut: gambaran universitas sebagai
menara gading masih terlalu kuat, dan terus berlanjut di dalam
praktek.
23