Page 35 - Cakrawala Pendidikan
P. 35

Kemutlakan Peralihan


      performance  universitas  untuk  keperluan  hari  ini,  dan  lebih-lebih
      lagi  untuk  keperluan  masa  depan.  Sejalan  dengan  makin
      bertambahnya jumlah universitas, memang telah  tumbuh pemikiran
      bahwa  universitas  harus  mewujudkan  diri  di  dalam  tiga  sifat
      kegiatan:  pengajaran,  penelitian,  dan  pengabdian  masyarakat.
      Ketiga buah  sifat aktivitas itu - tridarma - bahkan telah dirumuskan
      sebagai  kebijaksanaan  pemerintah:  universitas  berfungsi  sebagai
      lembaga  penyebar  pengetahuan  (pengajaran),  sebagai  lembaga
      pengembang  pengetahuan  (penelitian),  dan  sebagai  lembaga
      penerap  pengetahuan  (pengabdian).  Konsep  ini,  terutama  bagi
      negara-negara  yang  sedang  berkembang,  tampaknya  memang
      sangat  diperlukan.  Tetapi,  di  dalam  realitas,  konsep  ini  tidak
      banyak  mendorong  universitas  sebagai  lembaga  penghasil  ilmu.
      Tridarma,  ibarat  sebuah  segitiga  yang  seyogianya  berbentuk
      segitiga  sama  sisi,  di  dalam  wujudnya  lebih  banyak  sebagai
      segitiga  sama  kaki,  dengan  garis  alas  (pengajaran)  yang  sangat
      panjang.  Akibat yang  serius  dari  kondisi  ini  ialah  bahwa  Indonesia
      masih tetap sangat tergantung pada ilmu dari luar,  dan masyarakat
      masih  tetap tidak  cukup  menikmati  kehadiran  universitas.  Dengan
      singkat:  universitas  tidak  berhasil  di  dalam  missinya!  Yang  terjadi
      ialah  bahwa  di  dalam  setiap  sudut  dari  konfigurasi  segi  tiga
      tersebut  terdapat  sebuah  titik  kecil  yang  menggambarkan  ketiga
      buah  darma.  Yang  seharusnya  ialah  bahwa  ketiga  buah  titik
      tersebut  ditumbuhkan  masing-masing  menjadi  lingkaran  yang
      besar,  yang  bukan  saja  saling  menyentuh,  tetapi  saling  bertindih.
      Gambaran  ini  melambangkan  terintegrasinya  fungsi  tridharma
      sebagai satu sinergi, bukan sebagai tiga unsur lepas.

      Universitas: Sebuah Akibat, Sekaligus Sebab
      Peran  positif  universitas  di  dalam  pembangunan  masih  terlalu
      sedikit,  apalagi  dibandingkan  dengan  harapan  yang  ditumpahkan
      kepadanya.  Jumlah  universitas  -  dan  Julusannya  - yang  makin
      bertambah  banyak,  tidak  memperlihatkan  dampak  langsung  yang
      positif di dalam  proses pembangunan.  Pandangan yang  menampik
      universitas  sebagai  menara  gading,  tidak  mampu  menggeser
      universitas  dari  posisi  tersebut:  gambaran  universitas  sebagai
      menara  gading  masih  terlalu  kuat,  dan  terus  berlanjut  di  dalam
      praktek.



                                                                23
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40