Page 393 - Cakrawala Pendidikan
P. 393

Udin S.

           1994  menggantikan Kurikulum  1984, kedua bahan kajian  tersebut
           dilembagakan menjadi satu  mata  pelajaran  Pendidikan  Pancasila
           dan  Kewarganegaraan (PPKn). Secara konseptual  mata pelajaran
           ini  masih  tetap  merupakan  bidang  pendidikan  IPS  yang  khusus
           mewadahi  tradisi "citizenship transmission" dengan muatan  utama
           butir-butir   nilai   Pancasila   yang   diorganisasikan   dengan
           menggunakan  pendekatan  "spiral  of  concept  development"
           (Taba: 1967) dan "expanding environment  approach"  (Dufty: 1970)
           dengan bertitiktolak dari masing-masing sila Pancasila.
           Di  dalam  Kurikulum  1994  mata  pelajaran  PPKn  merupakan  mata
           pelajaran sosial khusus yang wajib diikuti oleh semua siswa  dalam
           setiap  jenjang  pendidikan  (SD,SL TP,dan  SMU).  Sedang  mata
           pelajaran IPS diwujudkan dalam:  (1) pendidikan IPS terpadu di  SD
           kelas Ill s/d VI;  (2)  pendidikan  IPS terkonfederasi  di  SL TP yang
           mencakup  materi  geografi,  sejarah,  dan  ekonomi  koperasi;  dan
           (3)  pendidikan  IPS  terpisah,  yang  mirip  dengan  tradisi  "social
           studies taught as  social  science  menu rut Barr,dkk: 1978).  Di  SMU
           ini  bidang  pendidikan  IPS  terpisah  terdiri  atas  mata  pelajaran
           Sejarah  Nasional  dan  Sejarah  Umum  di  kelas  I dan  II;  Ekonomi
           dan Geografi  di kelas I dan II;  Sosiologi di kelas II;  Sejarah  Budaya
           di kelas Ill Program Bahasa;  Ekonomi,Sosiologi,  Tata  Negara, dan
           Antropologi di Kelas Ill Program IPS.
           Dilihat dari tujuannya, setiap mata pelajaran  sosial memiliki  tujuan
           yang  bervariasi.  Mata  pelajaran  Sejarah  Nasional  dan  Sejarah
           Umum  bertujuan  untuk  "   menanamkan  pemahaman  tentang
           perkembangan    masyarakat   masa    lampau   hingga   masa
           kini,menumbuhkan  rasa  kebangsaan  dan  cinta  tanah  air  serta
           rasa  bangga  sebagai  warga  bangsa  Indonesia,  dan  memperluas
           wawasan    hubungan  masyarakat  antar  bangsa  di  dunia"
           (Depdikbud,1993:23-24 ).  Dimensi  tujuan  terse but pad a  dasarnya
           mengandung    esensi  pendidikan  kewarganegaraan  atau  tradisi
           "citizenship  transmission"(Barr,  dkk:  1978).  Mata  pelajaran
           Ekonomi  bertujuan  untuk  " ... memberikan  pengetahuan  konsep-
           konsep  dan  teori  sederhana  dan  menerapkannya  dalam
           pemecahan masalah-masalah ekonomi yang  dihadapinya  secara
           kritis  dan obyektif'  (Depdikbud,1993:29).  Sedang  untuk Program
           IPS  mata  pelajaran  Ekonomi  ini  bertujuan  untuk  " ...  memberikan




           386
   388   389   390   391   392   393   394   395   396   397   398