Page 394 - Cakrawala Pendidikan
P. 394
Perkembangan Pendidikan ...
bekal kepada siswa mengenal beberapa konsep dan teori ekonomi
sederhana untuk menjelaskan fakta, peristiwa, dan masalah
ekonomi yang dihadapi"(Depdikbud, 1993:29). Dari rumusan tujuan
tersebut dapat ditafsirkan bahwa tujuan pendidikan Ekonomi di
SMU baik untuk program umum maupun untuk program IPS
mengisyaratkan diterapkannya tradisi "social studies taught as
social science"(Barr, dkk: 1978).
Tradisi ini nampaknya diterapkan juga dalam mata pelajaran
Sosiologi, Geografi, Tata Negara, Sejarah Budaya, dan Antropologi
sebagaimana dapat dikaji dari masing-masing tujuannya. Mata
pelajaran Sosiologi memiliki tujuan ". .. untuk memberikan
kemampuan memahami secara kritis berbagai persoalan dalam
kehidupan sehari-hari yang muncul seiring dengan perubahan
masyarakat dan budaya, menanamkan kesadaran perlunya
ketentuan masyarakat, dan mampu menempatkan diri dalam
berbagai situasi sosial budaya sesuai dengan kedudukan, peran,
norma, dan nilai sosial yang berlaku di masyarakat"
(Depdikbud, 1993:30). Sementara itu mata pelajaran Geografi
memusatkan perhatian pada upaya "... untuk memberikan bekal
kemampuan dan sikap rasional yang bertanggung jawab dalam
menghadapi gejala alam dan kehidupan di muka bumi serta
permasalahannya yang timbul akibat interaksi antara manusia
dengan lingkungannya" (Depdikbud, 1993:30). Sedangkan mata
pelajaran Tata Negara menggariskan tujuan " ... untuk
meningkatkan kemampuan agar siswa memahami
penyelenggaraan negara sesuai dengan tata kelembagaan
negara, tata peradilan, sistim pemerintahan Negara Rl maupun
negara lain" (Depdikbud, 1993:31 ).
Hal yang juga nampak sejalan terdapat dalam rumusan tujuan
mata pelajaran Sejarah Budaya yang menggariskan tujuannya
untuk " menanamkan pengertian adanya keterkaitan
perkembangan budaya masyarakat pada masa lampau, masa
kini, dan masa mendatang sehingga siswa menyadari dan
menghargai hasil dan nilai budaya pada masa lampau dan masa
kini" (Depdikbud, 1993:31 ). Demikian juga dalam tujuan mata
pelajaran Antropologi yang dengan tegas diorientasikan pada
upaya untuk " ... memberikan pengetahuan mengenai proses
387