Page 394 - Cakrawala Pendidikan
P. 394

Perkembangan Pendidikan ...

      bekal kepada siswa mengenal beberapa konsep  dan teori ekonomi
      sederhana  untuk  menjelaskan  fakta,  peristiwa,  dan  masalah
      ekonomi yang  dihadapi"(Depdikbud, 1993:29).  Dari  rumusan  tujuan
      tersebut  dapat  ditafsirkan  bahwa  tujuan  pendidikan  Ekonomi  di
      SMU  baik  untuk  program  umum  maupun  untuk  program  IPS
      mengisyaratkan  diterapkannya  tradisi  "social  studies  taught  as
      social science"(Barr, dkk: 1978).

      Tradisi  ini  nampaknya  diterapkan  juga  dalam  mata  pelajaran
      Sosiologi,  Geografi, Tata  Negara,  Sejarah  Budaya,  dan Antropologi
      sebagaimana  dapat  dikaji  dari  masing-masing  tujuannya.  Mata
      pelajaran  Sosiologi  memiliki  tujuan  ". ..   untuk  memberikan
      kemampuan  memahami  secara  kritis  berbagai  persoalan  dalam
      kehidupan  sehari-hari  yang  muncul  seiring  dengan  perubahan
      masyarakat  dan  budaya,  menanamkan  kesadaran  perlunya
      ketentuan  masyarakat,  dan  mampu  menempatkan  diri   dalam
      berbagai  situasi  sosial  budaya  sesuai  dengan  kedudukan,  peran,
      norma,   dan   nilai   sosial   yang   berlaku   di   masyarakat"
      (Depdikbud, 1993:30).  Sementara  itu  mata   pelajaran  Geografi
      memusatkan  perhatian  pada  upaya  "...  untuk  memberikan  bekal
      kemampuan  dan  sikap  rasional  yang  bertanggung  jawab  dalam
      menghadapi  gejala  alam  dan  kehidupan   di  muka  bumi  serta
      permasalahannya  yang  timbul  akibat  interaksi  antara   manusia
      dengan  lingkungannya"  (Depdikbud, 1993:30).  Sedangkan  mata
      pelajaran   Tata   Negara   menggariskan    tujuan   " ... untuk
      meningkatkan     kemampuan      agar    siswa     memahami
      penyelenggaraan  negara  sesuai  dengan  tata  kelembagaan
      negara,  tata  peradilan,  sistim  pemerintahan  Negara  Rl  maupun
      negara lain" (Depdikbud, 1993:31 ).
      Hal  yang  juga  nampak  sejalan  terdapat  dalam  rumusan  tujuan
      mata  pelajaran  Sejarah  Budaya  yang  menggariskan  tujuannya
      untuk   "    menanamkan     pengertian   adanya   keterkaitan
      perkembangan  budaya  masyarakat  pada  masa  lampau,  masa
      kini,  dan  masa  mendatang  sehingga  siswa  menyadari  dan
      menghargai  hasil  dan  nilai  budaya  pada  masa  lampau  dan  masa
      kini"  (Depdikbud, 1993:31 ).  Demikian  juga  dalam  tujuan  mata
      pelajaran  Antropologi  yang  dengan  tegas  diorientasikan  pada
      upaya  untuk  " ...  memberikan  pengetahuan  mengenai  proses




                                                               387
   389   390   391   392   393   394   395   396   397   398   399