Page 398 - Cakrawala Pendidikan
P. 398

Perkembangan Pendidikan ...


      yang  mengutip  pemikiran  Alfian  ketika  mengenang   tokoh  LIPI
      Profesor  Sarvvono  Prawirohardjo,  melihat  peranan  PIPS  dalam
      perspektif  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  di
      Indonesia,  yang  seyogyanya  memusatkan  perhatian  pada  upaya
      pengembangan  disiplin  yang  kuat,  ketekunan  yang  luar  biasa,
      integritas  diri  yang  kukuh,  wibawa  yang  mantap,  rasa  tanggung
      jawab yang tinggi,  dan pengabdian yang dalam.
      Dilihat  dari  perkembangan  pemikiran  yang  berkembang  di
      Indonesia  sampai saat ini  pendidikan IPS terpilah  dalam dua arah,
      yakni:  Pertama,  PIPS  untuk  dunia  persekolahan  yang  pada
      dasarnya merupakan  penyederhanaan dari  ilmu-ilmu  sosial,  dan
      humaniora,  yang  diorganisasikan  secara  psiko-pedagogis  untuk
      tujuan  pendidikan  persekolahan;  dan  kedua,  PDIPS  untuk
      perguruan  tinggi  pendidikan  guru  IPS  yang  pada  dasarnya
      merupakan penyeleksian dan pengorganisasian  secara ilmiah  dan
      meta psiko-pedagogis dari  ilmu-ilmu sosial,  humaniora dan  disiplin
      lain yang  relevan,  untuk  tujuan  pendidikan  profesional guru  IPS.
      PIPS merupakan  salah  satu konten dalam PDIPS.
      PIPS  untuk dunia persekolahan terpilah  menjadi  dua versi  atau
      tradisi  akademik-pedagogis  yakni:  pertama,  PIPS  dalam  tradisi
      "citizenship   transmission"   dalam   bentuk   mata   pelajaran
      Pendidikan   Pancasila  dan   Kewarganegaraan  dan   Sejarah
      Indonesia;  dan  kedua  PIPS  dalam  tradisi "social science"  dalam
      bentuk mata  pelajaran  IPS Terpadu  untuk SD,  dan  mata  pelajaran
      IPS Terkonfederasi  untuk  SL TP,  dan  IPS  Terpisah-pisah  untuk
      SMU  P.  Kedua  tradisi  PIPS  tersebut  terikat  oleh  suatu  visi
      pengembangan  manusia  Indonesia  seutuhnya  sebagaimana
      digariskan  dalam  GBHN  dan  UU  No.2/1989  tentang  Sistim
      Pendidikan Nasional.
      Perkembangan  pemikiran  mengenai  PIPS  ini  amat  berpengaruh
      pada pemikiran mengenai  PDIPS  di  IKIP/FKIP/STKIP.












                                                               391
   393   394   395   396   397   398   399   400   401   402   403